22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Korban Meninggal Ledakan Bom Demonstrasi Kabul Melonjak 61 Orang

Korban Meninggal Ledakan Bom Demonstrasi Kabul Melonjak 61 Orang

Fiqhislam.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Afghanistan mengonfirmasi, bahwa korban tewas dalam ledakan di Ibu Kota Kabul pada Sabtu (23/7/2016) siang waktu setempat, meningkat hingga 61 orang.

Sebelumnya dilaporkan bahwa 10 orang dilaporkan meninggal dan puluhan lainnya terluka, setelah terjadi dua bom bunuh diri di dekat lokasi aksi demonstrasi kaum minoritas Hazara di Kabul, sekira pukul 2.30 siang waktu setempat.

Aksi demonstrasi itu menuntut pemerintah Afghanistan, mengubah rute atau jalur listrik yang melewati beberapa negara Asia Tengah, seperti Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan, Afghanistan dan Pakistan (TUTAP) yang melewati area populasi mereka.

Namun saat demonstrasi gencar digelar, terjadi dua ledakan bom yang disebutkan otoritas Afghanistan, berasal dari ledakan bom bunuh diri. Saat ini, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini.

Pun begitu, disebutkan Kepala Kantor Media Kemenkes Afghanistan, Mohammad Ismael Kawasi, sebagaimana dilansir Pajhwok, Sabtu (23/7/2016), 61 orang dikonfirmasi tewas dan 207 lainnya terluka.

Saat ini, semua korban dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Istiqlal yang berada tak jauh dari lokasi ledakan. Di sisi lain, Direktur RS Istiqlal, Dr. Mohammed Saber Naseb mengatakan, jumlah korban bisa bertambah lantaran beberapa korban luka masih dalam keadaan kritis. [yy/okezone]