23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Gulingkan ISIS, Pasukan Libya Luncurkan Serangan ke Sirte

Gulingkan ISIS, Pasukan Libya Luncurkan Serangan ke Sirte

Fiqhislam.com - Pasukan pemerintah Libya terlibat pertempuran sengit dengan militan ISIS di Sirte. Akibat bentrokan bersenjata itu, 13 anggota ISIS tewas dan lebih dari 110 orang terluka.

Dalam pernyataannya, pasukan pemerintah Libya telah bergerak maju setelah membombardir posisi ISIS dari udara dan darat pada saat fajar. Mereka menyatakan terlibat pertempuran sengit di wilayah Dollar dan di sekitar pelabuhan seperti dikutip dari laman Reuters, Jumat (22/7/2016).

Pasukan pemerintah Libya mayoritas milisi yang berasal dari kota Misrata. Meski begitu, milisi dari sejumlah kota sebelah barat Libya dan kota lainnya turut bergabung dalam upaya pembebasan Sirte dari ISIS.

Mereka mendapat dukungan dari pemerintah persatuan nasional (GNA) yang diakui oleh PBB. Meski begitu, banyak dari anggota tentara Libya merasa kecewa dengan pemerintah dan sekutu baratnya. Mereka merasa kurang mendapatkan dukungan medis, peralatan, dan amunisi yang dinilai telah menghambat kemajuan mereka.

ISIS berhasil menguasai Sirte pada tahun lalu dan mengubahnya menjadi basis utama kelompok ekstrimis itu di Afrika Utara. Mereka pun memperluas daerah kekuasaan mereka hingga 250 km dari garis pantai Libya.

Selain kehadiran ISIS, sejumlah kelompok militan juga muncul Libya. Hal ini sebagai dampak dari kekacauan politik dan kekosongan keamanan yang terjadi pasca penguasa Libya, Muammar Gaddafi, dilengserkan dalam pemberontakan yang pecah pada tahun 2011 lalu. [yy/sindonews]

 

Tags: libya | sirte | isis