30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Abbas Tuding Sejumlah Rabi Minta Israel Racuni Air Palestina

Abbas Tuding Sejumlah Rabi Minta Israel Racuni Air PalestinaFiqhislam.com - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas menuding sejumlah rabi Israel menyerukan agar pemerintah Isral meracuni air warga Palestina. Pernyataan itu kemungkinan sebuah spontanitas saat Abbas mengutuk tindakan Israel terhadap Palestina di tengah macetnya pembicaraan damai.

"Hanya seminggu yang lalu, sejumlah Rabi di Israel mengumumkan dan membuat pengumuman yang jelas, menuntut agar pemerintah mereka meracuni air untuk membunuh rakyat Palestina," kata Abbas dalam pidato kepada parlemen Eropa yang tidak muncul dalam transkrip resmi yang dikeluarkan kantornya.

"Bukankah itu sebuah hasutan yang jelas untuk melakukan pembunuhan massal terhadap rakyat Palestina?" seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (23/6/2016).

Para pejabat Israel tidak segera menanggapi pernyataan itu yang muncul di tengah kunjungan Presiden Israel, Reuven Rivlin, ke Brussels. Kantor Rivlin hanya mengatakan, Abbas telah menolak proposal Eropa untuk melakukan pertemuan.

Terkait hal tersebut, seorang juru bicara Abbas mengatakan, setiap pertemuan memerlukan lebih banyak persiapan. Pembicaraan damai Israel-Palestina sendiri runtuh pada tahun 2014 lalu.

Sebelumnya, kantor berita Turki Anadolu menurunkan laporan dugaan munculnya dekrit Rabi. Dekrit tersebut mengatakan, bahwa Rabbi Shlomo Mlma, ketua Dewan Rabbi di pemukiman Tepi Barat, telah mengeluarkan penasihat untuk memungkinkan pemukim Yahudi untuk mengambil tindakan meracuni air warga Palestina. [yy/sindonews]