23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Abu Bakr Al-Baghdadi Dilaporkan Terluka Akibat Serangan Udara

Abu Bakr Al-Baghdadi Dilaporkan Terluka Akibat Serangan UdaraFiqhislam.com - Sebuah laporan menyatakan jika pemimpin kelompok Negara Islam Irak Suriah atau ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, terluka akibat serangan udara pasukan koalisi internasional.

Stasiun televisi Irak, Al Sumariya mengklaim, sumber-sumber lokal di provinsi Nineveh di Irak menegaskan bahwa al-Baghdadi dan sejumlah pemimpin ISIS lainnya terluka dalam serangan bom koalisi. Serangan tersebut menyasar salah satu markas komando ISIS di dekat perbatasan Suriah, seperti dikutip dari Express, Jumat (10/6/2016).

"Pesawat-pesawat dari koalisi internasional kemarin membom sebuah lokasi dimana ada basis anggota ISIS di sepanjang daerah perbatasan antara Irak dan Suriah, 65 kilometer sebelah barat dari Niniwe. Menurut laporan, pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi terluka bersama dengan beberapa anggota organisasi yang berkumpul pada pertemuan itu," kata sumber di Irak.

Sumber tersebut menyatakan, bahwa serangan itu dilakukan atas dasar informasi intelijen. Ia juga menyatakan bahwa al-Baghdadi dan para pemimpin ISIS lainnya tiba di Irak dari Suriah dengan konvoi mobil.

Seorang juru bicara pasukan koalisi pimpinan AS, Kolonel Chris Garver mengatakan, bahwa ia telah mengetahui laporan tersebut, namun tidak bisa memberikan konfirmasi saat ini.

Dalam beberapa tahun terakhir telah ada sejumlah laporan jika al-Baghdadi terluka, bahkan dikabarkan tewas, tetapi tidak ada yang berhasil dikonfirmasi. Terakhir, al-Baghdadi diketahui mengalami luka serius akibat serangan udara pada 18 Maret 2015 yang juga menewaskan 3 orang lainnya. [yy/sindonews]