26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

Setelah 4 Tahun, Bantuan Pangan Baru Bisa Masuki Daraya Suriah

Setelah 4 Tahun, Bantuan Pangan Baru Bisa Masuki Daraya Suriah

Fiqhislam.com - Konvoi bantuan pangan dilaporkan telah memasuki kota Daraya Suriah pada Kamis (9/6/2016). Ini adalah pengiriman pertama sejak awal pengepungan oleh pemerintah Assad pada tahun 2012. Keterangan ini disampaikan oleh seorang pejabat Bulan Sabit Merah kepada AFP.

“Saat ini sembilan truk tengah membongkar muatan di Daraya. Truk-truk ini membawa bantuan makanan, termasuk aneka makanan kering dan tepung, bantuan non-makanan serta bantuan medis,” kata Tamam Mehrez, selaku direktur operasional Bulan Sabit Merah Suriah.

“Bantuan yang dikirimkan ini akan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan, namun kami belum menentukan berapa banyak orang akan mendapat manfaat dari bantuan ini,” ungkap Mehrez.

Sebelumnya pada Kamis (9/6/2016), PBB mengatakan telah memberikan persetujuan untuk konvoi bantuan kemanusiaan ke Suriah. Bantuan ini diperkirakan mampu menjangkau 19 wilayah Suriah yang dikepung, termasuk Daraya.

Utusan PBB untuk negara konflik, Staffan de Mistura, mengatakan pada wartawan di Jenewa bahwa pemerintah Suriah telah memberikan persetujuan tersebut. Sebelum akhirnya memblokir konvoi bantuan kemanusiaan untuk mendistribusikan perlengkapan hidup.

Mistura telah membuat komentar ini setelah melakukan pertemuan mingguan dengan petugas kemanusiaan Suriah yang diketuai oleh AS dan Rusia. Selama sebulan ini Mistura telah berusaha untuk meningkatkan pasokan bantuan kepada jutaan warga Suriah yang membutuhkan. [yy/islampos]