30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Arab Saudi Hukum Mati 14 Orang Atas Dakwaan Terorisme

Arab Saudi Hukum Mati 14 Orang Atas Dakwaan TerorismeFiqhislam.com - Otoritas Arab Saudi hari ini menghukum mati 14 orang atas dakwaan terorisme. Mereka dinyatakan bersalah atas serangan-serangan terhadap polisi di wilayah minoritas Syiah, Qatif di Eastern Province, yang pernah dilanda aksi-aksi protes antipemerintah beberapa tahun lalu.

Selain ke-14 orang tersebut, 9 orang lainnya divonis penjara mulai dari 3 tahun hingga 15 tahun untuk kasus yang sama. Seorang lagi dinyatakan tak bersalah.

Seorang pengacara para terdakwa tersebut mengatakan seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (1/6/2016), ke-24 orang tersebut telah ditahan selama sekitar tiga tahun. Mereka dituduh membawa senjata dan menembaki polisi. Selama aksi-aksi protes pada tahun 2011-2014 di wilayah Eastern Province, sekitar 20 warga Syiah dan beberapa polisi tewas.

Juru bicara Kementerian Kehakiman Saudi belum bisa dimintai komentar atas laporan tersebut, yang pertama kali diberitakan stasiun televisi al-Arabiya yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab.

Sebagian warga Syiah mengklaim mengalami diskriminasi sistemik di Saudi yang mayoritas Sunni. Namun pemerintah Saudi membantah hal tersebut.

Sebelumnya pada 2 Januari lalu, otoritas Saudi mengeksekusi mati empat warga Syiah yang dinyatakan bersalah atas dakwaan terorisme. Selain keempat warga Syiah itu, 43 warga Sunni juga dieksekusi di hari yang sama atas dakwaan terorisme. [yy/news.detik]