15 Jumadil-Akhir 1443  |  Selasa 18 Januari 2022

basmalah.png

BERITA INTERNASIONAL

Al-Nusra Siagakan Ribuan Personel di Sekitar Aleppo

Fiqhislam.com - Kementerian Luar Negeri Rusia menuturkan, saat ini al-Nusra telah menyiagakan ribuan pasukan di Aleppo dan juga sekitar kota itu. Langkah ini dilakukan al-Nusra untuk menghalau pasukan pemerintah Suriah yang sedang berusaha merebut kembali kota itu dari tangan kelompok cabang al-Qaeda itu.

Selain dimaksudkan untuk menghalau pasukan pemerintah Suriah, Kemenhan Rusia juga menuturkan, langkah ini dilakukan al-Nusra untuk merusak upaya damai di Suriah, khususnya upaya rekonsiliasi semua pihak yang bertikai di negara tersebut.

"Eskalasi situasi di sejumlah daerah di Suriah adalah terkait dengan tujuan dari pemimpin al-Nusra dan faksi yang bersekutu dengan mereka, yakni untuk menggagalkan proses rekonsiliasi," kata kepala pusat Rusia untuk Rekonsiliasi di Suriah, Letjen. Sergey Kuralenko, seperti dilansir Russia Today pada Selasa (24/5).

"Di wilayah Aleppo, pemimpin front al-Nusra sedang menyelesaikan langkah untuk membentuk kelompok penyerangan yang terdiri dari 6.000 militan, yang bertugas memblokir pasukan pemerintah memasuki kota dari arah timur. Sementara di utara, mereka berusaha untuk memotong akses ke kota Nubl," sambungnya.

Aleppo sendiri saat ini masih menjadi wilayah paling membara di Suriah. Di wilayah ini, empat kelompok yakni pasukan pemeritah Suriah, pemberontak Suriah, al-Nusra dan ISIS terus terjebak dalam pertempuran sengit. [yy/sindonews]