25 Rabiul-Akhir 1443  |  Selasa 30 Nopember 2021

basmalah.png

Tak Percaya pada Netanyahu, Menhan Israel Pilih Mundur

Tak Percaya pada Netanyahu, Menhan Israel Pilih MundurFiqhislam.com - Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengumumkan pengunduran dirinya pada Jumat 20 Mei. Dia mengatakan ketidakpercayaannya terhadap Perdana Menteri (PM) Benyamin Netanyahu setelah pimpinan Partai Likud itu mengajukan rencana untuk mengganti Yaalon sebagai bagian dari perluasan koalisi di pemerintahan.

“Saya memberi tahu PM bahwa setelah perbuatannya dan perkembangan baru-baru ini, dan karena ketidakpercayaan saya kepadanya, saya mengundurkan diri dari pemerintahan dan parlemen dan beristirahat dari kehidupan politik,” kata Yaalon di Twitter, sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (20/5/2016).

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Netanyahu menawarkan politikus ultra-nasionalis Avigdor Lieberman untuk mengisi posisi menteri pertahanan pada Rabu 18 Mei. Posisi ini merupakan jabatan penting bagi negeri seperti Israel yang terus menerus terancam konflik dan peperangan.

Yaalon yang merupakan seorang mantan pimpinan militer Israel dikenal memiliki hubungan baik dengan Pentagon yang berperan untuk mengimbangi hubungan antara Netanyahu dengan Washington yang kurang harmonis beberapa waktu terakhir.

Di lain pihak, Lieberman, yang belum secara resmi ditunjuk merupakan seorang politikus yang belum berpengalaman dalam bidang militer dan diketahui pernah melemparkan pernyataan yang bermusuhan terhadap warga Palestina, Arab Israel, dan Mesir yang merupakan rekan Israel di bidang keamanan regional.

Kantor PM Netanyahu sampai saat ini belum memberikan tanggapan atas pengunduran diri Yaalon. [yy/okezone]