26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

Pasukan Koalisi Gempur ISIS di Suriah, 27 Militan Tewas

Pasukan Koalisi Gempur ISIS di Suriah, 27 Militan TewasFiqhislam.com - Militer Turki bersama koalisi pimpinan Amerika Serikat dilaporkan berhasil melakukan serangan terhadap basis kelompok militan ISIS (Daulah Islamiyah Irak dan al-Syam) di Suriah Utara. Operasi itu  menewaskan 27 militan.

Menurut stasiun berita BBC, Selasa 17 Mei 2016, serangan udara dan artileri berlangsung pada Minggu dalam jarak 10 kilometer dari perbatasan Turki - Suriah.

Sejumlah sumber di militer menyebutkan bahwa para militan tewas ketika mereka bersiap untuk menembakkan roket. "Serangan kepada ISIS hari Minggu menghancurkan lima pos pertahanan dan dua pos senjata," kata media Turki.

Pada Senin, Turki dilaporkan telah menahan tujuh tersangka anggota ISIS termasuk salah satu yang digambarkan sebagai algojo ISIS.

"Mereka ditahan dalam penggerebekan di daerah Elazig sebelah timur Turki," kata sumber yang enggan mengatakan identitasnya.

Disampaikan pula bahwa terduga algojo ISIS itu telah melakukan beberapa pembunuhan di Suriah di bawah kepemimpinan ISIS.

Di antara para tahanan tersebut, salah seorah pria tak dikenal digambarkan sebagai seorang pemimpin senior kelompok teroris itu. Tujuh anggota militan tersebut diketahui pergi ke Elazig untuk melakukan perekrutan anggota baru.

Ini merupakan serangan terbaru dalam serangkaian serangan terhadap kelompok ISIS di daerah tersebut. Peluncuran dilakukan dengan tujuan untuk mencegah dilanjutkannya serangan yang dilakukan ISIS ke kota perbatasan Kilis mengingat beberapa bulan terakhir ini ISIS menembakkan roket mereka dari Suriah ke wilayah tersebut. [yy/viva]