25 Syawal 1443  |  Jumat 27 Mei 2022

basmalah.png

Hari Nakba 48, Hamas Dan Jihad Islam Serukan Gerakan Intifadah Nasional

Fiqhislam.com - Minggu 15 Mei 2016, organisasi Perlawanan Islam Palestina “Hamas” dan Jihad Islam menyerukan aksi Intifadah kepada seluruh aktivis perjuangan sebagai hadiah peringatan 69 tahun pengusiran bangsa Palestina “Nakba” dari tanah air mereka di tahun 1948.

Dalam pernyataan bersama kedua kelompok pada Minggu pagi meminta seluruh pemuda Palestina di wilayah Tepi Barat, Yerusalem dan Jalur Gaza terlibat dalam kegiatan peringatan hari ini untuk membangkitkan kembali api Intifadah jilid III sebagai jalan pembebasan Masjid al-Aqsha dan Palestina dari penjajahan Zionis Israel.

Senada dengan Hamas dan Jihad Islam, Koalisi Pemuda-Intifada pada Sabtu (14/05) malam meminta warga Palestina menjadikan peringatan 69 tahun Nakba sebagai hari kemarahan menghadapi penjajah Zionis Israel.

Sikap berbeda justru diambil Otoritas Palestina Mahmoud Abbas yang berjanji akan terus mempertahankan hubungan baik dengan penjajah Zionis Israel selama mereka terus menepati janjinya.

Pernyataan ini dikatakan Abbas di stasiun televisi pemerintah dalam sebuah pernyataan resmi pada Sabtu malam memperingati hari Nakba 48. [yy/eramuslim]