30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Filipina Kewalahan, Pemberontak Moro Diajak Perangi Abu Sayyaf

Filipina Kewalahan, Pemberontak Moro Diajak Perangi Abu SayyafFiqhislam.com - Dari beberapa kali operasi penumpasan militan teroris Abu Sayyaf, militer Filipina harus gigit jari. Bahkan sejumlah personelnya turut jadi korban, meski tetap keukeuh tidak membolehkan militer negara lain untuk membantu operasi.

Ya, negara tetangga seperti Indonesia contohnya. Sudah berulang kali pemerintah dan militer Indonesia menyatakan siap terjun ke Filipina Selatan, untuk membantu penumpasan Abu Sayyaf, sekaligus membebaskan para sandera, terutama sandera warga negara Indonesia (WNI).

Di sisi lain ketika Filipina kewalahan, justru muncul seruan dari politisi Filipina dari Partai Liberal, Manuel “Mar” Roxas II, untuk meminta bantuan dua kubu pemberontak Filipina Selatan, Front Pembebasan Islam Moro (MILF) dan Front Nasional Pembebasan Moro (MNLF).

“Saya memanggil rekan-rekan kami dalam proses perdamaian, MNLF dan MILF. Ini kesempatan bagi kalian untuk menunjukkan bahwa kalian adalah warga Filipina yang cinta damai, warga yang menganggap bahwa kejahatan mengerikan (militan Abu Sayyaf) tak punya tempat di negara kita,” seru Roxas.

“Kita semua harus menggabungkan diri demi tujuan kita, demi filosofi-filosofi politik, serta urusan bela negara. Tiada ruang untuk kebrutalan yang sudah kita lihat telah dilakukan Abu Sayyaf,” imbuh kandidat Presiden Filipina jelang Pemilihan Juni 2016 mendatang itu, diwartakan Philstar, Rabu (27/4/2016).

Adapun secara terpisah, salah satu senator yang juga kandidat Presiden Filipina lainnya, Ralph Recto menyatakan, isu Abu Sayyaf harus dijadikan problem paling utama untuk ditangani secara lebih serius oleh Presiden Filipina berikutnya.

“Presiden berikutnya harus serius memburu kelompok kejam ini. Dia harus mendata kelompok penjahat yang harus dimusnahkan dan tanpa diragukan lagi, Abu Sayyaf harus berada di daftar teratas,” timpal Recto.

“Pemimpin berikutnya juga tidak harus minta tolong kelompok lainnya untuk melumpuhkan (Abu Sayyaf). Kelompok ini sudah sejak lama mewakili diri mereka sendiri,” tandasnya. [yy/okezone]

 

Tags: moro | sayyaf | sayyef | filipina