30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Teror Berlanjut, Bom Guncang Istanbul 5 tewas 36 luka-luka

Teror Berlanjut, Bom Guncang Istanbul 5 tewas 36 luka-luka

Fiqhislam.com - Lima orang termasuk seorang pelaku bom bunuh diri tewas dan 36 lainnya terluka dalam serangan di pusat perbelanjaan utama dan objek wisata di pusat Kota Istanbul, Sabtu.

Serangan tersebut merupakan bom bunuh diri yang keempat di Turki tahun ini, lapor Reuters.

Belum ada yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan di kawasan Jalan Istiqlal, jalur panjang pejalan kaki yang banyak berjajar toko global dan kantor-kantor perwakilan luar negeri, hanya ratusan meter dari lahan parkir bus-bus polisi.

Dua petugas keamanan Turki kepada Kantor Berita Reuters menyebutkan bukti yang mengarah bahwa para penyerang mungkin dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang atau dari kelompok militan ISIS.

Turki sebagai anggota Pakta Pertahanan tlantik Utara (NATO) menghadapi ancaman keamanan dari PKK terutama kelompok Kurdi di wilayah tenggara dan telah menjadi target kelompok milisi garis keras.

Teror Berlanjut, Bom Guncang Istanbul 5 tewas 36 luka-luka

Salah satu petugas mengatakan bahwa pelaku bom bunuh diri berencana menyerang tempat yang lebih ramai lagi.

Menteri Kesehatan Turki Mehmet Muezzinoglu mengonfirmasikan bahwa 36 orang terluka dan tujuh di antaranya dalam kondisi parah. "Sebanyak 12 korban luka warga asing," ujarnya. [yy/atjehcyber]