25 Rabiul-Akhir 1443  |  Selasa 30 Nopember 2021

basmalah.png

Analys: ISIS Berencana Kacaukan Pemilu Presidan Amerika

Analys: ISIS Berencana Kacaukan Pemilu Presidan Amerika

Fiqhislam.com - Seorang pengamat Timur Tengah mengatakan, Islamic State (IS/ISIS) tengah aktif merencanakan serangkaian serangan bergaya pembantaian Paris di Amerika Serikat (AS) jelang pemilihan presiden. Serangan itu diyakini akan dilancarkan pada bulan November mendatang.

"Ada kemungkinan yang sangat tinggi bahwa pengikut IS/ISIS tidak akan melewatkan pemilihan presiden di Amerika Serikat dengan melakukan ekasekusi bergaya Paris di kota-kota Amerika," ucap Theodore Karasik, analis yang berbasis di Teluk untuk urusan geo-politik regional.

Dia bahkan memprediksi bahwa serangan kaki tangan IS itu bisa memberikan kemenangan mengejutkan bagi Donald Trump karena akan meningkatkan sentimen anti imigran dan sikap anti muslim.

Terpilihnya Trump pun akan memberikan keuntungan bagi ISIS, karena kebijakannya terhadap Iran akan memberikan guncangan yang serius di Timur Tengah.

"Sebagai presiden, Trump akan cenderung menjadikan Iran sebagai lahan bisnis sesuai dengan visinya yaitu kecakapan ekonomi AS. Dia kemungkinan akan mempercepat akselerasi Iran ke dalam ekonomi global," katanya. Dengan strategi ini akan timbul ketegangan di wilayah tersebut dan memicu munculnya ISIS.

Peringatan ini muncul hanya beberapa hari setelah muncul kabar jika ISIS mungkin telah memperoleh bahan radioaktif yang dapat digunakan sebagai senjata dalam perang mereka melawan Barat. [yy/atjehcyber]