26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

Gedung Putih Terkejut Saat PM Israel Tolak Undangan Obama

Gedung Putih Terkejut Saat PM Israel Tolak Undangan ObamaFiqhislam.com - Gedung Putih benar-benar terkejut dengan penolakan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dalam undangan yang ia terima dari Presiden AS, Barack Obama.

Dalam undangan tersebut, Obama meminta kesediaan Netanyahu untuk mendakan pembicaraan diakhir bulan ini mengenai perkembangan politik Israel dan kebijakan negara Zionis itu di tanah jajahanya, Palestina.

Seperti yang dilansir Reuters, Selasa (8/3) penolakan Netanyahu muncul hanya beberapa saat setelah wakil Presiden AS, Joe Biden mengunjungi Israel dan terlibat pembicaraan dingin dengan beberapa pimpinan negara itu dalam sebuah diskusi dimalam pertemuan.

Seorang asisiten Obama mengatakan pada hari Senin,sebelumnya pemerintah Israel telah meminta pertemuan berlangsung pada 17 atau 18 Maret, namun Gedung Putih telah menanggapinya dan memilih tanggal di akhir bulan dua pekan lalu.

“Kami menantikan kapan pertemuan bilateral, dan kami terkejut untuk mengkaji dulu melalui laporan media bahwa perdana menteri (Israel), tak menerima undangan kami, memilih untuk membatalkan kunjungannya,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Ned Harga.

Sebelumnya dikabarkan bahwa hubungan Israel dan Amerika Serikat diklaim mengalami sedikit gesekan, saat AS tak mengikuti kemauan Israel mengenai kesepakatan nuklir Iran. Saat itu Netanyahu diketahui sebagai salah satu dari pemimpin yang getol menolak kesepakatan pelonggaran dan pencabutan sanksi atas Iran.

Sementara itu, Israel-AS tetap pada kesepakatan awalnya dimana Amerika Serikat tetap akan memberikan bantuan dana sebesar 31 M Dolar untuk setiap tahunya, serta beberapa pembangunan proyek-proyek lainya yang tersebar di wilayah Israel. [yy/muslimdaily]