19 Safar 1443  |  Senin 27 September 2021

basmalah.png

Donald Trump Mirip dengan Adolf Hitler

Donald Trump Mirip dengan Adolf Hitler

Fiqhislam.com - Koran mahasiswa Universitas California State, Fresno mendapat kritikan setelah membandingkan calon kandidat presiden Partai Republik Donald Trump dengan Adolf Hitler.

Halaman depan The Collegian menampilkan gambar Trump di samping tulisan "Sieg Heil!", yang merupakan salam khas Nazi. Selain itu, mereka juga menulis editorial berjudul "Donald Trump akan membuat kita semua mati," disertakan foto ilustrasi kepala Trump di atas tubuh Hitler sedang memberi salam di Gedung Putih.

"Amerika (di bawah kepemimpinan) Trump adalah Reich Keempat," tulis dewan redaksi Collegian, seraya menyebut Trump rasis dan fasis.

Troy Pope, pemimpin redaksi The Collegian, mengatakan bahwa situs koran mereka tak bisa diakses pada Senin (22/02/2016) karena banyaknya pengunjung yang ingin membaca editorial mengenai Trump.

Ia menambahkan bahwa koran yang dipimpinnya akan tetap menerbitkan headline kontroversial di halaman depan mereka, yang didorong oleh kemenangan Trump dalam pemilihan di South Carolina.

"Trump mencela umat Muslim, orang Meksiko - atau siapapun yang bukan kulit putih, dan dia populer karena hal tersebut. Itulah yang berbahaya," ujar Pope. "Itu tak ada bedanya dengan Hitler yang memimpin orang-orang Jerman untuk membenci Yahudi."

Presiden Fresno State Joseph Castro mengatakan bahwa editorial itu merepresentasikan opini dewan redaksi The Collegian, dan menegaskan tentang "kebebasan pers". Banyak yang mengajukan keluhan kepada dirinya melalui Twitter pada Senin, tapi dia meminta mereka untuk menulis surat langsung kepada dewan redaksi.

Sepanjang akhir pekan lalu, The Collegian memenangkan 13 penghargaan dari Asosiasi Media Kampus California, termasuk situs terbaik, demikian sebagaimana dikutip dari Charlotte Observer. [yy/rimanews]