30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio Pimpin Umat Katolik

Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio Pimpin Umat Katolik

Fiqhislam.com - Asap putih terlihat keluar dari cerobong asap Kapel Sistina pada Rabu (13/3/2013) waktu Roma, pertanda terpilihnya Paus baru oleh 115 Kardinal dalam Konklaf tertutup.

Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio, Paus baru terpilih yang akan menggantikan Paus Emeritus Benedictus XVI yang mengundurkan diri belum lama ini karena alasan kesehatan selanjutnya akan muncul di balkon Basilika Santo Petrus dalam 1 jam, setelah seorang pejabat gereja mengumumkan Habemus Papam yang berarti we have a Pope.

Paus baru tersebut selanjutnya akan memimpin 1,2 miliar umat Katolik yang tersebar di seluruh dunia. Pemilihan Paus kali ini berlangsung cukup singkat. Konklaf telah dimulai sejak Selasa (12/3). [yy/
bisnis.com]

 

{AF}Dunia memiliki Paus baru

Dunia memiliki Paus baruUmat Katolik punya Paus baru. Adalah Kardinal Argentina, Jorge Mario Bergoglio yang akhirnya tampil di depan umum di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, setelah terpilih sebagai paus yang baru.

Di atas teras yang menghadap ke lapangan, dia meminta agar para umat berdoa baginya. Sorak sorai bergemuruh menyambutnya. Sebagai paus pertama yang berasal dari Amerika Latin dan dari Ordo Jesuit, dia memilih nama Paus Francis I.

Sejam sebelumnya, asap putih mengepul dari cerobong Gereja Sistine yang menandakan paus baru sudah terpilih.

Paus Francis I yang berusia 76 tahun menggantikan Paus Benekditus XVI yang mengundurkan diri pada 28 Februari lalu dengan alasan tidak cukup kuat lagi untuk memimpin Vatikan.

Juru bicara Vatikan mengatakan, Ia sudah menelepon Paus Benekditus XVI -yang kini bergelar paus emeritus- dan keduanya direncanakan akan bertemu.

Dikenal rendah hati

Terpilihnya paus yang baru ini disambut meriah di kawasan Amerika Latin.

"Ini merupakan pemberian besar bagi Amerika Latin. Kami menanti 20 abad. Ada gunanya menanti," tutur Jose Antonio Cruz, seorang pengikut Ordo Fransiskan di ibukota Puerto Rica, San Juan.

Presiden Barack Obama sudah menyampaikan salam hangat atas nama rakyat Amerika Serikat (AS) berkat terpilihnya Paus baru dipilih. Ia menyebutnya sebagai 'Paus pertama dari Amerika'.

Terpilihnya Kardinal Bergoglio merupakan kejutan karena dia awalnya tidak termasuk dalam kelompok kecil yang disebut-sebut berpeluang menjadi Paus.

Dia dinilai berpandangan konservatif namun dikenal rendah hati. Hampir seluruh kariernya dihabiskan di Argentina dan sering berangkat ke kantor dengan menggunakan bus umum.

Banyak yang berpendapat, misa yang dipimpin Kardinal Bergoglio sering memiliki pengaruh di Argentina.

Dia banyak mengangkat persatuan sosial dan secara langsung mengkritik pemerintah yang dianggap tidak memberikan perhatian kepada masyarakat yang terpinggirkan.

Nama yang dia pilih berasal dari Francis of Assisi, seorang santo asal Italia dari abad XIII yang merupakan pelindung hewan dan hidup dalam kemiskinan.

Paus Francis I

  • Lahir: Jorge Mario Bergoglio pada 17 Desember 1936 di Buenos Aires.
  • Ditahbiskan sebagai Jesuit pada 1969
  • Belajar di Argentina dan Jerman
  • Menjadi Kardinal Buenos Aires pada 1998
  • Dinilai berpandangan konservatif dalam masalah seks namun amat kuat dalam keadilan sosial [yy/kompas.com]{/AF}

 

{AF}Paus Baru Tolak Gay

Paus Baru Tolak GayJorge Mario Bergoglio terpilih menjadi paus baru menggantikan Paus Benediktus XVI.

Kardinal asal Argentina yang memakai nama Paus Francis I ini dikenal konservatif. Dia pun disebut antiperkawinan gay dan melarang pasangan gay mengadopsi anak. 

Seperti dilansir huffingtonpost, Bergoglio menggambarkan perkawinan dan hubungan sex antar sesama jenis sebagai pekerjaan setan dan penyerangan yang merusak rencana Tuhan. Menurutnya, pasangan gay pengadopsi anak adalah diskriminasi melawan anak.

Menurut National Chatolic Register, pada 2010, Bergoglio pernah menang melawan Rancangan Undang-Undang untuk perkawinan sesama jenis dan gay pengadopsi anak.

Soal hubungan seks sesama jenis, Bergoglio sempat menyebutkan, "Janganlah bersikap naif. Ini bukan soal pertarungan politik, ini adalah bagian untuk menghancurkan rencana Tuhan,"seperti dikutip guardian. [yy/republika.co.id]{/AF}

 

{AF}Paus dari Amerika Latin Dipilih karena Chavez?

Paus dari Amerika Latin Dipilih karena Chavez?Ada-ada saja pernyataan yang dilontarkan Presiden Sementara Venezuela, Nicolas Maduro dalam menanggapi pemilihan Paus. Ia mengatakan mantan presiden Hugo Chavez mungkin ikut terlibat dalam keputusan Tuhan dalam memilih Paus dari Amerika Latin.

"Kita tahu komandan kami naik ke ketinggian dan bertemu dengan Tuhan," ujar Maduro dalam sebuah pameran buku di Caracas seperti dinukil dari Reuters, Kamis (14/3).

Menurutnya, sesuatu telah mempengaruhi pemilihan Paus. "Seseorang baru tiba di sisi Tuhan dan berkata padanya. Yah, tampaknya waktu Amerika Selatan telah datang," sebutnya.

Jorge Mario Bergoglio dari Argentina terpilih sebagai pemimpin baru Gereja Katolik Roma, Rabu (13/3) waktu setempat. Ia adalah Paus non-Eropa pertama sejak 13 abad lalu.

"Ia (Chavez) juga bisa menghubungi majelis konstitusi di surga setiap saat untuk mengubah gereja di bumi sehingga orang-orang suci dapat memerintah dunia," ujar Maduro.

Chavez yang meninggal pekan lalu dihormati dengan semangat religius banyak warga Venezuela miskin. Maduro, pengganti Chavez berharap mendapatkan keuntungan dari kalangan pendukung tersebut dan memenangkan pemilihan presiden 14 April mendatang.

Meski dipengaruhi pemikiran revolusioner, Chavez mengaku dirinya sebagai pemeluk Katolik yang taat. Di suatu misa, Chavez menangis di depan umum dan memohon kepada Tuhan untuk memperpanjang hidupnya. [yy/
republika.co.id]{/AF}

 

***