21 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 31 Juli 2021

basmalah.png

Vatikan Bantah Paus Fransiskus Lakukan Pengusiran Setan

Vatikan Bantah Paus Fransiskus Lakukan Pengusiran Setan

Fiqhislam.com - Setasiun televisi TV 2000 menayangkan rekaman yang menggambarkan seolah Paus Fransiskus melakukan tindakan pengusiran setan atau exorcism. Namun, pihak Vatikan membantah Paus melakukan tindakan tersebut.

Video itu menampakkan seorang pemuda yang berada di kursi roda. Paus meletakkan tangan di kepalanya saat menggelar misa di Lapangan Santo Petrus. Mulut pemuda itu terbuka, seakan-akan menjerit atau bernapas dalam.

Pemuda itu kemudian gemetar tak terkendali. Ia lalu merosot dari kursinya. Stasiun televisi tersebut mengatakan tak diragukan lagi, Paus membebaskan setan dari pemuda itu.

Namun juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, membantah pernyataan itu. Menurut Vatikan, Paus hanya mendoakan orang-orang yang sedang sakit.

"Itu karena dia sering berhadapan dengan orang sakit atau menderita dalam perjalanannya," kata Lombardi.

Tak lama kemudian, Direktur TV 2000 Dino Boffo meminta maaf atas siaran tersebut. "Saya minta maaf karena telah mengubah kebenaran atas fakta dan untuk orang-orang yang terkait, terutama saya meminta maaf kepada Paus," kata Dino Boffo.

Namun, beberapa figur religius di Roma tetap meyakini kejadian tersebut sebagai tindakan pengusiran setan. Satu di antaranya pernyataan dari mantan kepala pengusiran setan Vatikan, Gabriele Amorth. Ia mengaku pernah melakukan pengusiran setan pada seorang pemuda dengan reaksi serupa. [yy/
metrotvnews.com]