26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

1942, Propaganda Anti-Yahudi Nazi Dimulai di Prancis

1942, Propaganda Anti-Yahudi Nazi Dimulai di Prancis

Fiqhislam.com - Pada 29 Mei 1942, merupakan hari bersejarah bagi warga Yahudi di Prancis. Di hari itu pemimpin Nazi memerintahkan semua Yahudi di Paris untuk menggunakan bintang kuning, di sebelah kiri pakaiannya yang mereka kenakan.

Penggunaan lambang ini merupakan usulan dari Menteri Propaganda Nazi Joseph Goebbels. Menurut History, Rabu (29/5/2013), Joseph Goebbels sudah memulai perburuan yang diakhiri dengan pembunuhan Yahudi, sejak awal Perang Dunia II.

Salah satu perkataan Goebbels yang paling terkenal mengenai Yahudi adalah, "Mereka (Yahudi) bukannya manusia tetapi binatang. Prosedur ini memang cukup barbar. Sebentar lagi keberadaan Yahudi akan habis."

Namun Goebbels bukannya yang pertama kali mengusulkan bentuk isolasi ini. Menurut sebuah media Prancis pada masa itu, "bintang kuning mungkin membuat warga Katolik merasa ngeri. Karena hal itu seperti mengingatkan kembali pada tradisi Katolik yang ketat".

Berdasarkan keterangan History Channel, sepanjang sejarah di wilayah miskin di Italia, warga Yahudi dipaksa untuk dipindahkan ke sebuah penampungan. Selama dipenampungan, mereka juga dipaksa untuk mengenakan entah topi berwarna kuning atau emblem bintang kuning. [yy/
okezone.com/foto okezone.com]