21 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 24 Januari 2022

basmalah.png
ARTIKEL UMUM

Manuskrip Bibel Kuno Terjual, Israel Berang

Manuskrip Bibel Kuno Terjual, Israel Berang

Fiqhislam.com - Satu keluarga Palestina yang telah menjual sebagian manuskrip tertua di dunia ke sebuah lembaga institusi perlindungan barang antik. Keluarga ini mengatakan naskah itu telah disimpan di Swiss selama bertahun-tahun, di kota Talk.

Naskah itu ditemukan hampir 70 tahun yang lalu. Sebagian memo ini berbentuk gulungan dan beberapa lainnya masih kosong.

Namun, kolektor Injil Kristen AS dalam beberapa tahun terakhir telah mengeluarkan jutaan dolar demi mendapatkan harta karun arkeologi ini.

Pemerintah Israel yang memegang sebagian besar gulungan manuskrip kuno ini marah. Karena mereka mengklaim bahwa setiap potongan terakhir harus diakui sebagai benda kuno budaya Israel, dan  mereka mengancam akan merebut beberapa potongan lagi yang telah dipasarkan.

“Saya mengatakan kepada Kando beberapa tahun yang lalu, dia bisa mati dengan memiliki naskah-naskah kuno itu,” kata Amir Ganor, kepala pasukan anti-penjarahan otoritas, kepada William Kando, yang mempertahankan koleksi Gulungan Laut Mati milik keluarganya . “Gulungan itu adalah milik Israel,” ujar Ganor.

Kando mengatakan keluarganya pernah menawarkan beberapa bagian naskah kuno untuk dijual kepada otoritas benda antik Israel dan lembaga lainnya. Namun, Israel hanya ingin membelinya dengan harga yang murah. [yy/islampos.com/foto islampos.com]