fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


26 Ramadhan 1442  |  Sabtu 08 Mei 2021

Paus Benediktus: Tuhan Minta Saya Mundur

Fiqhislam.com - Mantan Paus Benediktus mengatakan dia mengundurkan diri lantaran diperintahkan Tuhan.   Benediktus, yang kini bertitel Paus Emeritus, mengumumkan rencana pengunduran diri secara mengejutkan pada 11 Februari 2013 lalu. Pada 28 Februari 2013, dia resmi menjadi Paus pertama yang mundur dalam 600 tahun terakhir.

“Tuhan meminta saya melakukannya,” kata Benediktus kepada seorang pengunjung di Taman Vatican, seperti dikutip kantor berita Katolik, Zenith.

Menurut Zenith, kepada pengunjung yang tidak disebut namanya, Tuhan tidak berbicara melalui visi, melainkan lewat sebuah “pengalaman mistis.” Media-media Italia menduga keputusan mundur Benediktus dipengaruhi berbagai skandal yang terjadi selama delapan tahun masa kepausannya, termasuk penangkapan kepala pelayan pribadi lantaran membocorkan dokumen rahasia soal tuduhan korupsi di Vatikan.

Benediktus lalu digantikan oleh Paus Fransiskus, mantan Kardinal Argentina, Jorge Mario Bergoglio, yang juga paus non Eropa pertama selama 1.300 tahun. Zenith memberitakan, kian memperhatikan penggantinya, Paus Fransiskus, Benediktus makin menyadari bahwa pilihan tersebut adalah “keinginan Tuhan.”

Minggu lalu, Benediktus seharian berada di tempat peristirahatan kepausan Castel Gandolfo, selatan Roma untuk menghindari panasnya udara Ibukota Italia itu. Kunjungan Paus berusia 86 tahun tersebut menunjukkan kesehatannya cukup baik untuk bepergian. Media massa memberitakan sejak mengundurkan diri, kesehatan Benediktus menurun drastic. [yy/tempo.co]

 

Paus Benediktus XVI Mundur Karena Skandal Seks Gay?

Paus Mengakui Ada "Loby Gay" Dan Koruptor Di Vatikan

Misa Terakhir, Paus: Wajah Gereja Dirusak Dosa Persatuan

Dugaan Korupsi dan Penipuan Menimpa Vatikan

Vatikan Ajak Umat Katolik Tolak Pernikahan Sejenis