17 Jumadil-Akhir 1443  |  Kamis 20 Januari 2022

basmalah.png
ARTIKEL UMUM

Ratusan Ribu Warga Kroasia Teken Inisiatif Tolak Pernikahan Gay

Ratusan Ribu Warga Kroasia Teken Inisiatif Tolak Pernikahan Gay

Fiqhislam.com - Kroasia didesak oleh para aktivis gay agar menjadi salah satu Negara mengesahkan perkawinan sesama jenis. Arsen Bauk, Menteri Administrasi Publik Kroasia tak tinggal diam. Pada Kamis (12/9), ia menyerahkan laporan dengan banyak tanda tangan untuk memanggil referendum atas usul inisiatif warga “Atas nama keluarga,” kepada pemerintah.

“Atas nama keluarga” adalah sebuah aksi yang telah telah berhasil mengumpulkan tanda tangan bagi konstitusional, agar mendefinisikan pernikahan sebagai ‘hubungan antara seorang pria dan seorang wanita.’

Menurut laporan, jumlah tanda tangan otentik yang terkumpul dari inisiatif ini mencapai 665 ribu hingga 701 ribu tanda tangan penentang pernikahan gay.

Inisiatif “Atas nama keluarga,” muncul akibat sengketa antara Asosiasi Gay Kroasia “Iskorak” dan “Kontra” yang mengklaim bahwa penentang berusaha masuk dalam konstitusi, yang bertujuan untuk mencegah perkawinan sesama jenis di Kroasia.

Mayoritas penduduk Kroasia adalah Kristen. Namun, saat ini penduduk Kroasia terbagi menjadi beberapa kelompok ketika datang kelompok yang membela hak-hak kaum homoseksual. [yy/islampos.com]