23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Walikota Gay Pertama Terpilih di Meksiko

Walikota Gay Pertama Terpilih di Meksiko

Fiqhislam.com - Berasal dari keluarga miskin di Kota Fresnillo, Meksiko, siapa sangka Benjamin Medrano bisa mencatatkan dirinya dalam sejarah. Dia merupakan walikota gay pertama baik di Meksiko maupun dunia.
 
Sempat merantau ke Amerika Serikat (AS) untuk menjadi penyanyi diskotik. Medrano memberanikan diri terjun ke dunia politik Meksiko yang sangat kental pengaruh Gereja Katolik.
 
“Agenda saya untuk menjangkau segi kemanusian dan pembangunan sosial di Fresnillo tanpa menghiraukan orientasi seksual,” ujar Medrano seperti dikutip dari BBC News, Senin (16/9/2013).
 
Memimpin daerah Fresnillo yang berpenduduk 200 ribu jiwa merupakan tantangan besar buat Medrano. Burknya kondisi keamanan merupakan masalah utama yang harus dipecahkan Medrano sesegera mungkin.
 
“Pertama, kita ingin memeberikan perlengkapan dan pelatihan yang baik untuk petugas keamanan. Dengan begitu, petugas tidak akan berpikir untuk menjadi kaki tangan geng kriminal,” jelasnya.
 
Medrano merupakan calon dari  Partai Revolusi Institusional (PRI) yang dipimpin oleh Presiden Enrique Pena Nieto. Medrano mengaku terkejut berhasil merebut kekuasaan di Fresnillo walaupun warga tahu dia sorang gay.
 
 “Sudah waktunya untuk mendengar keinginan dan membantu masalah kalian, saya berkomitmen untuk itu semua.” Tulis Medrano kepada warga Fresnillo di akun twitternya. [yy/okezone.com]