19 Rabiul-Awal 1443  |  Senin 25 Oktober 2021

basmalah.png

Paus Francis: Pemimpin Gereja Narsis dan Vatikan Mengidap Kusta

Paus Francis: Pemimpin Gereja Narsis dan Vatikan Mengidap Kusta

Fiqhislam.com - Dalam wawancara yang diterbitkan hari Selasa, Paus Francis mengutuk Vatikan sedang mengidap "kusta" dan menuduh kepausan sebagai "Vatikan-Sentris".

Dalam artikel yang diterbitkan Global Post mengutip dari koran Italia, Paus Francis juga mengkritik para pemimpin gereja karena mau "memuaskan dan gembira memuakkan para kerabat istana," dan ia bersumpah akan mengubah sikap narsis Vatikan.

Komentar Francis itu muncul di koran Italia La Repubblica saat ia memulai pertemuan tiga hari dengan delapan kardinal dari seluruh dunia untuk membahas reformasi pemerintahan Vatikan.

"Pemimpin Gereja sering kali narsis, memuaskan dan gembira memuakkan para kerabat istana. Pengadilannya adalah kusta kepausan," kata Francis yang telah sering menjadi berita utama sejak terpilih sebagai Paus pada Maret lalu.

"Sangat terlihat kepentingan Vatikan, yang sebagian besar masih dalam kepentingan duniawi. Visi Vatikan-sentris ini mengabaikan dunia di sekitarnya dan saya akan melakukan apa saja untuk mengubahnya."

Dalam wawancara itu, Francis juga mengungkapkan bahwa ia pernah mempertimbangkan untuk menolak dipilih sebagai Paus setelah dipilih oleh sesama kardinal.

"Sebelum menerima (menjadi Paus), saya bertanya bisakah saya istirahat selama beberapa menit di kamar sebelah...... Aku merasa cemas." katanya seperti dikutip koran itu. [yy/muslimdaily.net]