18 Rabiul-Awal 1443  |  Minggu 24 Oktober 2021

basmalah.png

Uskup Jerman Dikecam Karena Gaya Hidup Mewah

Uskup Jerman Dikecam Karena Gaya Hidup Mewah

Fiqhislam.com - Uskup Jerman, Franz-Peter Tebartz-van Elst, membuat gempar Jerman dan Vatikan karena gaya hidupnya yang serba mewah. Uskup yang diolok-olok media Perancis sebagai uskup bling-bling itu dipanggil Vatikan untuk menjelaskan proyek pembangunan kantor uskup dan rumahnya yang dianggap sangat mewah.

Media ternama Jerman, Der Spiegel memberitakan, Tebartz kini tengah dihujani kritik oleh publik Eropa. Ia menghabiskan 31 juta euro atau sekitar Rp480,3 miliar untuk membangun kantor uskup dan rumahnya di Limburg, Jerman. Seorang sumber mengungkapkan, untuk bathtub saja, ia menghabiskan 15.000 euro atau sekitar Rp232,4 juta.

Pembangunan tersebut menuai kontroversi apalagi Eropa tengah dilanda krisis. Bahkan Kanselir Jerman Angela Merkel juga ikut bersuara menyampaikan protes terhadap perilaku uskup tersebut.

Publik kini memintanya mundur, namun Keuskupan Katolik Jerman tutup mulut mengenai hal ini. Gereja yang dipimpinnya juga mulai ditinggalkan sejumlah warga masyarakat. Bahkan media Jerman ramai-ramai mengulas kasus ini karena dianggap bisa mengancam hierarki para uskup di Gereja Katolik Jerman.

Pada Minggu (20/10/2013), Tebartz terbang ke Roma untuk menghadap Paus Fransiskus. Pemimpin Gereja Katolik Jerman, Uskup Agung Robert Zollitsch juga terbang ke Roma untuk menjelaskan kasus tersebut. “Saya sedang dalam tekanan karena publik menginginkan kejelasan,” ujar Zollitsch.

Uniknya, Tebartz terbang ke Roma menumpang penerbangan murah, Ryanair. Padahal ia biasa menumpang pesawat mahal dan duduk di kelas utama. Tebartz pernah diberitakan Der Spiegel duduk di kelas satu pada penerbangan ke India untuk mengunjungi warga miskin di India.

Belakangan Tebartz membantah duduk di kelas satu, dan pengacaranya mengatakan ia duduk di kelas bisnis. Atas pemberitaan ini, ia menggugat Der Speiegel dan kini kasusnya tengah bergulir di pengadilan. [yy/inilah.com]

 

Vatikan Skors Uskup yang Bergaya Hidup Mewah