pustaka.png
basmalah.png


3 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 13 Juni 2021

PM Australia Belum Restui Pernikahan Sejenis

PM Australia Belum Restui Pernikahan Sejenis

Fiqhislam.com - Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott memperingatkan pasangan untuk menahan rencana mereka melakukan pernikahan. Peringatan ini dikeluarkan Abbott setelah Pemerintah kota Canberra melegalkan pernikahan sejenis.

Aturan yang disebut ACT ini, menurut Abbott masih harus menunggu pengesahan dari Mahkamah Agung. Pihak MA Australia akan memutuskan apakah ACT sudah valid atau tidak.

ACT yang dikeluarkan oleh Canberra, merupakan yurisdiksi pertama di Australia yang mengizinkan pernikahan sejenis. Namun, pemerintah federal melalukan banding atau aturan tersebut di Mahkamah Agung karena dianggap berseberangan dengan aturan pernikahan negara persemakmuran atau the Commonwealth Marriage Act.

Rangkaian pengajuan keberatan atas ACT sudah dilayangkan kepada MA Australia. Namun belum ada indikasi apakah masalah ini akan menjadi pembahasan.

"Apabila aturan ACT dianggap melanggar konstitusi, maka pernakahan (sejenis) itu tidak akan valid," ujar Abbott, seperti ABC Australia, Rabu (23/10/2013).

"Pemerintah hanya melakukan banding atas aturan tersebut murni karena alasan legalitas. Ini tidak ada sangkut pautnya dnegan moralitas," tegasnya.

Abbott menambahkan, banding tersebut buakan ditujukan untuk melawan pernikahan senjata. Bagi Abbott, pihaknya hanya ingin mencari tahu apakah pernikahan sejenis tidak melanggar konstitusi. [yy/okezone.com]