pustaka.png
basmalah.png.orig


11 Dzulqa'dah 1442  |  Senin 21 Juni 2021

Peringati Holocaust, Paus Fransiskus Hadapi Pembangkangan

Peringati Holocaust, Paus Fransiskus Hadapi Pembangkangan

Fiqhislam.com - Peringatan Holocaust di Katedral Buenos Aires, Argentina diwarnai kericuhan. Kelompok Katolik garis keras, Masyarakat Santo Pius X, melakukan protes di tengah acara peringatan.
 
Anggota Masyarakat Santo Pius X membagikan selebaran yang berisi pesan provokatif untuk umat agama lain yang menghadiri peringatan. Bentrokan hampir terjadi jika saja Uskup Buenos Aires Mario Poli tidak segera melerai.
 
Peringatan Holocaust di Katedral Buenos Aires merupakan warisan Paus Fransiskus saat masih menjabat sebagai Uskup Buenos Aires. Peringatan tersebut sengaja dirancang sebagai ajang pertemuan lintas agama untuk menjaga kerukunan beragama di Argentina.
 
Namun, Masyarakat Santo Pius X tidak suka Katedral Buenos Aires didatangi umat agama lain. Mereka merasa katedral adalah tempat suci bagi umat Katolik.
 
“Saya mengakui otoritas Paus, namun dalam hal ini dia salah,” ujar pemimpin Masyarakat Santo Pius X, Pastor Christian Bouchacourt, dalam sebuah wawancara, seperti dikutip Associated Press, Kamis (14/11/2013).
 
“Kami tidak berniat melakukan pemberontakan. Kami hanya menunjukkan kecintaan kepada agama kami. Acara misa tidak bisa diadakan di sinagoga ataupun masjid, begitu juga sebaliknya,” lanjut Bouchacourt.
 
Pihak Vatikan sendiri tidak mau berkomentar tentang kericuhan di Katedral Buenos Aires. Mereka merasa hal itu merupakan permasalahan internal di Argentina. [yy/okezone.com]