15 Dzulhijjah 1442  |  Minggu 25 Juli 2021

basmalah.png

Vatikan Kirim Utusan ke Acara Arbain Husaini di Karbala

Vatikan Kirim Utusan ke Acara Arbain Husaini di Karbala

Fiqhislam.com - Jutaan Muslimin Syiah dan Sunni serta delegasi dari agama lain di seluruh dunia bersama-sama menuju kota Irak Karbala untuk menghadiri peringatan Arbain Imam Husain as, cucu Nabi Muhammad Saw, demikian al-Alam melaporkan dari Karbala, Senin, 23/12/13.

Jutaan peziarah itu datang dari negara-negara Eropa termasuk Swedia, Rusia dan Vatikan, dan berkumpul pada hari Senin ini di Karbala untuk meratapi tragedi pembantaain 40 hari Imam Hussein as bersama dengan 72 teman-temannya yang mati syahid di tangan Yazid bin Muawiyah.

Satu delegasi dari Vatikan diberitakan bergabung dengan peziarah dan berjalan kaki menuju Karbala untuk menghadiri upacara berkabung Arbain Husaini. Delegasi itu didampingi dan dijaga ketat pasukan keamanan Irak dan berjalan kaki sekitar 1 Km ke Karbala.

Nampak beberapa pemimpin agama Kristen Irak juga bergabung dalam rombongan itu.

Banyak delegasi berdatangan dari berbagai negara-negara Afrika termasuk Ghana, Nigeria, Tanzania dan Senegal.

Setiap tahun jutaan peziarah dari Irak dan negara-negara lain termasuk Indonesia dan berjalan kaki menuju kota Karbala untuk memperingati Arbain Imam Husain as.

Pasukan keamanan Irak mengambil tindakan yang lebih keras dengan menyegel berbagai jalan dan meningkatkan pos pemeriksaan di rute yang digunakan oleh para peziarah untuk mengunjungi makam di kota-kota selatan dan sekitar ibukota Baghdad.

Meskipun langkah-langkah keamanan terus diperketat, namun puluhan peziarah sejauh ini telah kehilangan nyawa mereka dalam serangan Takfiri selama beberapa hari terakhir. [yy/islampos.com]