26 Rabiul-Akhir 1443  |  Rabu 01 Desember 2021

basmalah.png

Penganut Atheis Australia Tunjukkan Peningkatan Tajam

Penganut Atheis Australia Tunjukkan Peningkatan Tajam

Fiqhislam.com - Data sensus mengenai jumlah orang Australia yang menyatakan tidak memiliki agama telah mencapai rekor sepanjang masa, melebihi 22 persen dari populasi negara itu.

"Tingkat pelaporan tidak beragama telah terus meningkat, dan Australia tidak sendirian dalam hal ini," Fiona Dowsley, Direktur Sosial dan Pelaporan Biro Statistik Australia (ABS), mengatakan kepada Herald Sun pada hari Ahad tanggal 29 Desember, demikian sebagaimana dilansir onislam.net.

"Angka juga meningkat untuk negara-negara seperti Selandia Baru, Inggris dan Wales, Kanada, Amerika Serikat dan Irlandia," tambahnya.

Setelah melihat lebih dalam ke data sensus tahun  2011, ABS telah menemukan bahwa sekitar 22% atau 4,8 juta warga Australia menyatakan 'tidak beragama', sementara 25% dilaporkan menjadi Katolik dan sekitar 17% adalah Anglikan atau Kristen Inggris.

Sensus telah mencerminkan bahwa atheisme dominan di kalangan pemuda Australia, dengan sekitar setengah dari mereka menyatakan tidak memiliki keyakinan agama dan berusia kurang dari 30 tahun.

Hampir sepertiga dari pemuda berusia 22 sampai 24 tahun melaporkan tidak memiliki  agama, dan sekitar satu dari lima anak di bawah 15 tahun tinggal di sebuah rumah di mana salah satu atau kedua orang tua menyatakan tidak beragama.

Sensus telah menemukan bahwa ateisme juga meningkat di antara orang dengan pendidikan tinggi.

Hampir 35% dari mahasiswa pascasarjana di atas 19 tahun tidak beragama, berbeda dengan 20% dari siswa sekolah.

Kenaikan rata-rata penganut ateis adalah 4% per dekade, sejak diperkenalkannya sensus yang berisi data tidak beragama tahun 1971.

Selama satu dekade terakhir tingkat penganut atheis telah meningkat sebesar 6,8%.

Menurut ABS, adanya Yayasan Atheis Australia, juga dianggap mendorong orang-orang mengikuti paham atheis.

Selain menunjukkan jumlah penganut kristen yang menyusut di Australia, laporan itu juga menunjukkan peningkatan penganut agama lain seperti Islam dan Hindu di kalangan warga Australia. [yy/muslimdaily.net]