27 Rabiul-Akhir 1443  |  Kamis 02 Desember 2021

basmalah.png

‘Atheis’ Jadi Kelompok Terbesar Setelah Kristen dan Islam

‘Atheis’ Jadi Kelompok Terbesar Setelah Kristen dan Islam

Fiqhislam.com - Orang tanpa afiliasi agama tertentu menjadi kelompok terbesar ketiga secara global dalam sebuah penelitian baru dari ukuran agama di dunia, yang menempatkan kelompok ini setelah Kristen dan Muslim.

Penelitian, berdasarkan data yang luas untuk tahun 2010, juga menunjukkan Islam dan Hindu menjadi agama oleh sebagian besar penduduk dunia kemungkinan akan semakin meluas di masa depan, sementara orang-orang Yahudi memiliki prospek pertumbuhan paling lemah.

Penelitian juga menunjukkan Kekristenan adalah agama yang paling merata, yang hadir di semua wilayah dunia, sedangkan Hindu adalah agama yang paling kurang mengglobal dengan 94 persen dari populasi agama itu ada di satu negara, India.

Secara keseluruhan, 84 persen dari penduduk dunia, yang diperkirakan 6,9 miliar, mengidentifikasi diri beragama, menurut penelitian yang berjudul “The Global Religious Landscape” yang dikeluarkan oleh Forum Pew tentang Agama dan Kehidupan Publik pada Selasa (18/12/2012).

Kategori yang tidak berafiliasi mencakup semua orang yang mengaku tidak beragama, dari ateis dan agnostik hingga orang-orang dengan keyakinan spiritual tetapi tidak memiliki link dengan agama tertentu.

“Banyak orang relijius tidak berafiliasi dengan agama atau spiritual,” penelitian itu menekankan.

“Kepercayaan kepada Tuhan atau kekuatan yang lebih tinggi, ada sekitar 7 persen orang dewasa Cina namun mereka tidak terafiliasi, 30 persen orang dewasa Prancis tidak terafiliasi dan 68 persen orang dewasa AS tidak terafiliasi,” laporan itu mengatakan. [yy/atjehcyber.net]