19 Rabiul-Awal 1443  |  Senin 25 Oktober 2021

basmalah.png

Nigeria Umumkan RUU Larangan Anti Homo dan Lesbian

Nigeria Umumkan RUU Larangan Anti Homo dan Lesbian

Fiqhislam.com - Presiden Nigeria Goodluck E. Jonathan menandatangani RUU larangan anti homoseksual Senin (13/1/14).

RUU yang lolos dari parlemen Mei lalu itu, menyebutkan warga Nigeria yang ketahuan melakukan hubungan sesama-jenis akan dipenjara 14 tahun dan dianggap sebagai pelaku kriminal.

Kantor berita Reuters melaporkan, seperti umumnya negara-negara sub-Sahara Afrika, Nigeria juga dikenal anti homoseksual. Menurut hukum federal yang kini berlaku di Nigeria, perilaku sodomi dijatuhi hukuman penjara. Dan kini hukuman serupa juga diterapkan pada para penganut homoseksual dan lesbian.

Presiden Goddluck Jonathan yang menunda RUU itu sejak Mei, akhirnya setuju untuk menandatanganinya, karena pertimbangan politis. Agar terpilih lagi menjadi presiden dalam pemilu 2015 nanti, Jonathan memenuhi tekanan sejumlah anggota parlemen dan gubernur untuk meneken RUU anti homoseksual itu.

Menteri luar negeri AS John Kerry menyatakan prihatin atas keputusan baru itu. ‘’Kewajiban hukum di Nigeria tidak konsisten dan melecehkan reformasi demokrasi dan perlindungan hak asazi manusia’’ bunyi pernyataan resminya. ‘’Peraturan baru itu membahayakan kebebasan berpendapat,’’ lanjut Kerry.

Inggris dan sejumlah negara Eropa mengancam hendak memangkas bantuannya ke negara-negara Afrika yang menghukum kaum homoseksual. Dua negara yang bakal terkena dampaknya adalah Uganda dan Malawi. Namun bagi Nigeria, ancaman ini tidak begitu berpengaruh mengingat anggaran belanja negara itu bisa ditutup dengan produksi minyak yang sebesar 2 juta barrel per hari (bph), lebih dari dua kali produksi minyak Indonesia yang 860.000 bph

Peraturan baru ini mendorong kelompok anti-gay berkomentar di akunTwitter. Tapi banyak juga yang mempertanyakan Presiden Goodluck E. Jonathan (GEJ) yang tidak peka dengan kondisi rakyatnya. ‘’Saya nggak habis pikir GEJ kok punya waktu menjebloskan orang-orang homo. Kampung saya ini belum ada aliran listrik nih bung!’’ tulis seseorang di Twitter. [yy/rimanews.com]