22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Kekerasan Seksual Anak: Komite PBB Akan Periksa Sejumlah Pejabat Vatikan

Kekerasan Seksual Anak: Komite PBB Akan Periksa Sejumlah Pejabat Vatikan

Fiqhislam.com - Sebuah komite PBB akan memeriksa pejabat Vatikan dalam kasus kekerasan seksual terhadap ribuan anak-anak oleh kepastoran Katolik.

Sejumlah pejabat Vatikan akan diperiksa oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa, Swiss terkait kasus kekerasan seksual kepada anak-anak.

Namun, pihak Vatikan menolak untuk memberikan informasi berkaitan dengan rencana pemeriksaan oleh PBB, dengan mengatakan kasus tersebut merupakan tanggung jawab negara tempat kekerasan seksual terjadi.

Pemimpin Tinggi Tahta Suci Vatikan, Paus Fransiskus telah mengatakan masalah kekerasan seksual membahayakan kredibilitas Gereja.

Gereja Katolik telah menghadapi banyak tuduhan kasus kekerasan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh pastor di seluruh dunia dan mendapatkan kritik karena keuskupan tidak memberikan reaksi yang memadai.

Bulan lalu, Paus Franciskus mengumumkan sebuah komite Vatikan akan dibentuk untuk memberantas kekerasan seksual terhadap anak-anak di Gereja dan menawarkan bantuan bagi para korban.

Ia juga memperkuat hukum Vatikan dalam kasus kekerasan terhadap anak-anak, dengan memperluas definisi kasus kejahatan terhadap anak-anak dengan memasukan poin kekerasan seksual pada anak-anak.

Sebagai sebuah negara, Vatikan telah menandatangani Konvensi Hak Anak PBB, dan meratifikasinya pada 1990.

Dewan HAM PBB diperkirakan akan mengajukan sejumlah pertanyaan, yang memaksa Vatikan untuk pertama kalinya menyampaikan pembelaan dalam kasus kekerasan seksual.

Akhir Juli tahun lalu, Dewan HAM PBB meminta informasi secara rinci kasus kekerasan seksual yang dilaporkan kepada Vatikan sejak 1995.

Vatikan bersikukuh mengatakan 'terpisah dan berbeda' dari Gereja Katolik Roma, dan tidak memiliki wewenang untuk mengungkapkan informasi mengenai masalah kepastoran kecuali ada permintaan dari otoritas negara yang menjadi tempat pelayanan. [yy/inilah.com]