21 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 31 Juli 2021

basmalah.png

Terlibat Kasus Pencabulan, 400 Pastur Dipaksa ‘Pensiun’

Terlibat Kasus Pencabulan, 400 Pastur Dipaksa ‘Pensiun’

Fiqhislam.com - Kasus pelecehan seksual anak oleh para pastur telah menjadi ancaman serius bagi Vatikan. Menurut laporan, hampir 400 pastur dipaksa menanggalkan jubah mereka hanya dalam waktu dua tahun oleh Paus Emeritus Benediktus XVI. Disinyalir mereka terlibat kasus pelecehan terhadap anak-anak, seperti dikonfirmasi oleh Vatikan.

Statistik para rohaniwan yang dianggap melanggar ini selama 2011 dan 2012 meningkat dramatis dibandingkan tahun tahun sebelumnya, menurut dokumen yang diperoleh oleh kantor berita AP, Sabtu (18/1/2014).

Dokumen tersebut adalah bagian dari data Vatikan yang dikumpulkan untuk dengar pendapat dengan PBB pada hari Kamis (16/1/2014) lalu.

Ini adalah pertama kalinya Tahta Suci Vatikan mengeluarkan pernyataan publik atas kasus pelecehan anak-anak oleh pasturnya.

Tahta Suci adalah salah satu penandatangan Konvensi PBB tentang Hak Anak, sehingga para pemuka agama Katolik terikat kewajiban untuk mengayomi dan melindungi anggota masyarakat yang paling rentan tersebut. [yy/islampos.com]