30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Komite PBB Akan Kembali Selidiki Vatikan Soal Pelecehan Seks Pada Anak-anak

Komite PBB Akan Kembali Selidiki Vatikan Soal Pelecehan Seks Pada Anak-anak

Fiqhislam.com - Sebuah komite PBB akan memulai penyelidikan terhadap Vatikan untuk kedua kalinya tahun ini, berkaitan dengan skandal pelecehan seksual kepada anak secara global yang melibatkan para pendeta.

Pertemuan komite akan dimulai di Jenewa, Swiss pada hari Senin dan akan memfokuskan penyelidikan pada penyiksaan dan perlakuan tidak manusiawi, demikian laporan Press TV.

Sebelum pertemuan itu, Center for Constitutional Rights, kelompok hukum nirlaba yang berbasis di New York, menyampaikan laporan atas nama korban kepada komite.

Komite PBB akan menguji apakah catatan Vatikan tentang perlindungan anak yang melanggar Konvensi Menentang Penyiksaan oleh Vatikan sendiri dan berencana untuk menyajikan pengamatan dan rekomendasi akhir pada 23 Mei.

Namun pihak Vatikan mengatakan akan merespon penyelidikan yang terjadi di kawasan kota Vatikan saja.

Pada bulan Januari, saat pemeriksaan pertama, komite hak asasi manusia PBB menolak argumen yang sama Vatikan dibuat dalam upaya untuk membatasi tanggung jawabnya.

Komite juga mengecam praktek Vatikan yang hanya memindahkan pendeta yang bersalah dari paroki ke paroki lain dalam upaya untuk menutupi kejahatan mereka.

Sementara itu, Paus Francis mengatakan gereja harus berani dalam upaya untuk melindungi anak-anak.

Pada tanggal 3 Mei, dewan penasehat Paus yang baru terbentuk terkair pelecehan seksual  mengatakan, akan mengembangkan protokol yang "jelas dan efektif" untuk menahan uskup dan otoritas gereja lain yang bertanggung jawab jika mereka gagal untuk melaporkan dugaan pelecehan atau melindungi anak-anak dari pendeta pengidap pedofilia. [yy/muslimdaily.net]