21 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 24 Januari 2022

basmalah.png
ARTIKEL UMUM

Penerbit Elex Media Diminta Tarik Komik ‘Kampanyekan’ LGBT

Penerbit Elex Media Diminta Tarik Komik ‘Kampanyekan’ LGBT

Fiqhislam.com - Ketua Yayasan Anak Bangsa Mandiri dan Berdaya  Fahira Fahmi Idris meminta penerbit buku Elex Media segera menarik buku berjudul “Why Puberty;Why Pubertas” yang telah beredar di toko buku karena dinilai mengandung pesan yang mengkampanyekan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

“Pesan-pesan dalam buku tersebut tidak sesuai dengan sopan-santun serta adat ketimuran. Jadi sebaiknya ditarik dari peredaran, “ ujarnya dalam rilis pada hidayatullah.com, Rabu (06/08/2014).

Sebelumnya, komik ini menuai sempat menuai protes dari banyak masyarakat, termasuk pengguna twitter karena isi yang terkandung di dalamnya ada pesan melegalkan hubungan sesama jenis.

Sebelumnya, wanita yang baru saja berhasil memimpin perolehan suara pemilu legistlatif (pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta ini mengaku  mengetahui keberadaan buku tersebut dari teman-teman yang mengabarkan buku berbau ‘kampanye’ LGBT telah beredar di toko buku, yang menulis warga Korea.

Menurut putri sulung Menteri Tenaga Kerja Indonesia pada era pemerintahan Presiden B.J Habibie, Fahira Idris ini,  dalam buku tersebut secara tidak sadar anak diarahkan  untuk menerima hubungan sesama jenis.

“Saya tidak membenci atau memusuhi LGBT tapi saya menolak propoganda LGBT,” katanya.

Sementara itu, pihak penerbit, Elex Media, dalam akun twitter-nya mengatakan telah mempertimbangkan keberatan masyarakat.

“Terima kasih untuk semua masukan akan buku Why: Puberty, semua masukan ini akan menjadi pertimbangan editor kami untuk publikasi ke depan,” ujarnya pihak penerbit dalam akun @elexmedia, hari Rabu• Namun tak ada penjelasan kapan bukunya akan ditarik.

Menurut Fahira, sampai hari ini, ia masih melihat buku tersebut masih berada di rak-rak toko buku Gramedia.

“Hari ini di toko buku Gramedia masih beredar,” paparnya.

Rencanya, ia akan menemui pemimpin penerbitan Elex Media untuk menyatakan keberatannya atas beredarnya komik tersebut.
Ia juga mengajak  masyarakat mengawal proses penarikan buku ini. [yy/hidayatullah.com]