24 Dzulhijjah 1442  |  Selasa 03 Agustus 2021

basmalah.png

Mahatma Gandhi Adalah Agen Inggris, Kata Hakim India

Mahatma Gandhi Adalah Agen Inggris, Kata Hakim India

Fiqhislam.com - Mahatma Gandhi adalah agen Inggris, kata seorang mantan hakim ternama India.

Markandey Katju (68) menganggap Gandhi sebagai aktor dibalik terpecahnya hubungan harmonis antara Muslim dan Hindu menjadi dua negara, Pakistan dan India.

“Gandhi secara objektif adalah agen Inggris yang telah melakukan kerusakan yang amat besar,” kata Katju. “Dengan menyuntikkan agama ke dalam politik, Gandhi melanjutkan kebijakan Inggris, yakni divide and rule (atau divide and conquer).”

Divide and rule (memecah belah dan menguasai) adalah strategi mempertahankan kekuasaan dengan memecah belah sebuah kekuatan besar menjadi serpihan-serpihan kecil hingga kekuatannya menjadi lemah.

"Dengan menyuntikkan agama ke dalam politik secara terus-menerus selama beberapa dekade, Gandhi telah melanjutkan kebijakan Inggris, memecah belah dan menguasai," tulis Katju di blog pribadinya.

Dalam sebuah postingan lain, Katju bahkan mempertanyakan apakah agen Inggris seperti Gandhi layak dianggap sebagai Bapak Bangsa.

Sementara itu, patung Gandhi akan segera diresmikan di Lapangan Parlemen di London, Inggris pada Sabtu (14/3) mendatang. [yy/rimanews]