18 Safar 1443  |  Minggu 26 September 2021

basmalah.png

Ahli Kitab AS sebut “Jesus punya Saudara Kandung”

Ahli Kitab AS sebut “Jesus punya Saudara Kandung”

 

Fiqhislam.com - Yesus punya saudara kandung? Kajian teologi ini jadi perdebatan sengit di Kentucky, Amerika Serikat (AS).

Disebutkan, Yakobus adalah saudara kandung dengan Yesus.

Ahli Alkitab Amerika Serikat, Ben Witherington, seorang ahli Perjanjian Baru Amerika, memperkuat klaim paska penemuan arkeologi.

Sejak itu, interpretasi dari istilah saudara telah diperdebatkan oleh para ahli, dengan beberapa alasan "bahwa James hanya saudara sepupu."

Perdebatan ini muncul sejak beberapa tahun terakhir, pascapenemuan kotak berisi tulang-belulang berusia 2.000 tahun pada 2002 lalu di Yerusalem.

Di kotak itu tertulis kalimat bahasa Aramaic yang artinya, “Yakobus, anak Yusuf, saudara Yesus.”

Profesor Witherington, dari Asbury Theological Seminary di Kentucky, mengatakan dalam sebuah wawancara baru bahwa membaca penemuan itu harus dipahami secara harfiah sebagaimana dikutip dari mirror.co.uk, Kamis (12/3/2015).

“Maria masih perawan saat mengandung Yesus. Mungkin ia memang punya anak setelah itu,” katanya.

"Perjanjian Baru mengatakan apa saja tentang Mary menjadi perawan abadi, ia mengatakan ia perawan yang mengandung Yesus, dan tentu saja menyiratkan bahwa dia melanjutkan untuk memiliki anak lagi setelah itu, dan saudara-sadarinya benar-benar saudaranya," katanya.

Petunjuk lain bahwa Yakobus adalah saudara Yesus bisa dilihat dari surat rasul Paulus untuk jemaat di Galatia. “Setalah tiga tahun di Yerusalem dan tinggal bersamanya selama 15 hari, tidak ada rasul lain kecuali Yakobus saudara Tuhan,” tulis Paulus.

Artefak yang disebut dengan Yakobus Osuarium ditemukan pada 2002 dan pernah dipamerkan setahun kemudian di Royal Ontario. Tapi beberapa kalangan menuduhnya itu palsu. [yy/atjehcyber]