5 Jumadil-Awal 1443  |  Kamis 09 Desember 2021

basmalah.png

Stephen Hawking: Agama akan Kalah dari Iptek

http://3.bp.blogspot.com/_lLU53cjIhjw/S3-cV-saUeI/AAAAAAAAANo/SU1HSDRPF8U/s320/news-graphics-hawking.jpg

INILAH.COM, Ellyzar Zachra - Jakarta- Agama mungkin akan ‘terkalahkan’ oleh ilmu pengetahuan menurut pendapat seseorang yang terkadang dianggap sebagai orang paling pintar di dunia, Stephen Hawking. Dalam sebuah interview dengan ABC News, Hawking menguraikan sebuah pertanyaan besar apakah ilmu pengetahuan dan keagamaan sejalan dan damai hingga akhir hayat?


Hawking pertama kali mencoba untuk mendefinisikan Tuhan dalam cara pandang dirinya sebagai seorang ilmuwan. “Apa yang bisa mendefinisikan Ketuhanan (berpikir tentang Tuhan) sebagai sebuah perwujudan dari hukum alam. Namun, tidak semua orang dapat berpikir seperti ini tentang Tuhan,” kata Hawking.

Hawking yang merekomendasikan agar kita harus menjauhi alien dan menyarankan Korea Utara memenangkan Piala Dunia. Dia mengatakan: "Ada perbedaan mendasar antara agama yang didasarkan pada otoritas (dan) ilmu dimana berdasarkan pada observasi dan akal. Ilmu akan menang karena ini telah bekerja.”

Hawking juga mengatakan, “Saya berharap dapat hidup dengan kepastian seperti ini. Terkadang, lebih banyak kita tahu, maka semakin jauh kita dari sesuatu yang kita rasa nyata.”[ito]