14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

100 Orang Paling Jenius di Dunia

http://1.bp.blogspot.com/_6h21tJI67XA/SjxRxbDtWiI/AAAAAAAAALo/mnOoHfV8aHE/s320/iq.jpg

Dunia terus menciptakan jenius-jenius yang berperan besar dalam kehidupan manusia. Creators Synectics mengeluarkan daftar 100 jenius yang dipilih oleh dewan beranggotakan enam orang pakar. Sayangnya tak ada orang Indonesia dalam daftar itu.

Top 100 jenius yang masih hidup, dikeluarkan firma konsultan global Creators Synectics berdasarkan beberapa kriteria penilaian. Peralihan paradigma, popularitas, kekuatan intelektual, pencapaian dan keutamaan kultur menjadi pertimbangan.

Dalam daftar itu terdapat nama-nama popular semacam sutradara Steven Spielberg, raja koran Rupert Murdoch, penyanyi Prince, Stevie Wonder dan Dolly Parton, serta petinju Mohammed Ali dan pemilik Microsoft Bill Gates.

Dari Asia terdapat nama-nama pakar teknik Ali Javan dari Iran, pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama, ahli robot Jepang Hiroshi Ishiguro, Enrique Ostrea yang merupakan ahli Pediatrik dan neonatologi.

Nama Osama Bin Laden juga masuk dalam daftar jenius itu. Selain itu masih ada ahli pengobatan biologi Tuan Vo-Dinh dari Vietnam, Pardis Sabeti ahli biologi anthropologi Iran dan ilmuwan komputer Jepang Shunpei Yamazaki.

Philip Glass yang masuk dalam urutan sepuluh merupakan salah satu komposer yang paling berpengaruh di abad 20. Dia merupakan pendahulu musik minimalis, dan lebih suka menyebut hasil karyanya sebagai “musik dengan struktur yang diulang-ulang”.

Di atasnya adalah Oscar Niemeyer. Warga negara Brazil ini merupakan guru di bidang arsitektur di abad 20 dan pioner modernisme. Dia yang mengembangkan ide penggunaan beton untuk karya seni.

Jenius urutan selanjutnya adalah Stephen Hawking. Ilmuwan Inggris yang memiliki cacat tubuh ini, merupakan penulis mengenai pembuktian teori relatifitas Einstein. Menurutnya ruang dan waktu dimulai dengan "Big Bang." Dia juga terkenal dengan teorinya mengenai Lubang Hitam, misteri pusaran yang terbentuk akibat ledakan bintang.

Seniman Italia Dario Fo terkenal dengan karya dramanya pada 1970 “Accidental Death of an Anarchist.” Dia juga peraih penghargaan Nobel di bidang sastra pada 1997.

Pejuang anti-apartheid Nelson Mandela pernah menjalani 27 tahun di penjara sebelum akhirnya mengantarnya sebagai presiden Afrika Selatan berkulit hitam pertama. Dia juga peraih penghargaan Nobel pada 1993.

Frederick Sanger merupakan pakar biokimia Inggris peraih nobel dua kali. Dia memenangkan Nobel pada 1958 di bidang kimia dalam usahanya mengembangkan metode untuk mempelajari struktur protein. Karyanya mengantar meraih Nobel kedua pada 1980, dalam pengembangan metode untuk mengetahui struktur kimia dari DNA berukuran besar.

Jenius lainnya Matt Groening kartunis asal Amerika ini dikenal dengan kritik politik dan sosialnya lewat film komedia situasi animasi The Simpsons. Acara televisi di Fox ini menembus 20 musim.

Nama lain, spekulan Amerika kelahiran Hungaria George Soros dianggap sebagai investror paling sukses di dunia. Dia diperkirakan mengumpulkan pundi-pundi hingga US$ 9 miliar. Jenius dalam daftar teratas adalah Tim Berners-Lee. Ahli fisika Inggris yang beralih menjadi programmer ini adalah penemu World Wide Web.

Karodalnet.blogspot.com/Inilah.com