25 Dzulhijjah 1442  |  Rabu 04 Agustus 2021

basmalah.png

Manusia Tak Punya Tuhan Lebih Jenius?

http://www.inilah.com/data/berita/foto/401972.jpg
foto theglobeandmail.com

INILAH.COM - Syamsudin Prasetyo - Jakarta, Riset London School of Economics mendapati orang dewasa berpikiran liberal, ateis dan percaya monogami memiliki IQ yang lebih tinggi dari yang konservatif dan religius. Pola tersebut diungkap oleh Dr Satoshi Kanazawa, seorang psikolog evolusionaris

, setelah menganalisis data dari dua survei warga Amerika secara luas dalam perilaku sosial dan kemampuan Intelligent Quotient (IQ) yang dimiliki oleh remaja dan kaum dewasa.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan bulan Maret ini dalam Jurnal Psikologi, Kanazawa menemukan bahwa remaja yang teridentifikasi ‘tidak terlalu religius’ memiliki rata-rata IQ sebesar 103 sementara remaja yang diidentifikasi sebagai ‘religius’ mendapatkan rata-rata IQ 97, lapor Toronto Star.

Studi tersebut juga menemukan bahwa pemuda yang mengidentifikasi diri mereka sebagai ‘sangat liberal’ memiliki rata-rata IQ sebesar 106, sementara yang mengidentifikasikan dirinya sebagai ‘sangat konservatif’ tidak lebih tinggi yakni 95.

Dan ketikan sampai pada bahasan monogami dalam studi tersebut menemukan sebuah korelasi antara moral seksual dengan kecerdasan.

“Sebagai hasil analisis empiris yang valid menunjukkan bahwa pria yang lebih cerdas lebih menyukai memiliki nilai monogami dalam hidupnya dan hubungan seksual yang lebih eksklusif daripada pria yang tidak cerdas,” hasil studi Dr. Kanazawa.

Tetapi peneliti tidak dapat menemukan korelasi yang jelas dalam hubungan antara monogami dengan kecerdasan pada perempuan.[ito]