29 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 04 Desember 2021

basmalah.png

Jam Atom Paling Akurat Di Dunia

http://www.suaramedia.com/images/stories/1berita/1_2_techno/jam_terakurat.jpg

Colorado - Kesempurnaan dalam hal ketepatan waktu semakin mungkin diwujudkan setelah para ilmuwan mengembangkan sebuah jam yang sangat akurat. Begitu akuratnya, sampai-sampai para penciptanya berani mengatakan, kemungkinan keterlambatan yang ditunjukkan jam ini hanya satu dalam kurun waktu 300 juta tahun.

Jam atom terbaru ini diklaim dua kali lebih akurat dibandingkan dengan jam lonceng yang umumnya digunakan untuk mengatur zona waktu internasional dan sistem satelit.

Beberapa spesifikasinya hampir sama dengan jam jenis atom stratium yang sebelumnya pernah diciptakan di University of Colorado.

Namun jam atom terbaru mempunyai kemampuan memanfaatkan kekuatan alam, memiliki ketepatan waktu yang konsisten serta terdapat getaran atom yang memantau setiap yang berjalan.

Bagaimanapun "efek pendulum" pada atom lebih konsisten jika menggunakan sinar laser dan membekukannya pada suhu hampir 273 derajat, dimana temperatur tersebut dapat menghentikan resonansi.

"Di dalam atom terdapat bagian inti dan beberapa elektron yang berputar mengitari orbit di sekitar inti atom," ujar Professor Jan Thomsen, ahli fisika bidang nuklir dari University of Copenhagen yang turut serta dalam studi ini.

"Dengan memanfaatkan cahaya laser kita dapat menggerakkan elektron berayun di antara kedua orbit, hal yang mengakibatkan efek pendulum pada jam atom".

Karena tingkat akurasinya, perangkat ini memiliki potensi untuk mengukur jarak terjauh sekalipun, seperti jarak antargalaksi di luar angkasa. Untuk itulah para ilmuwan berniat untuk mengembangkan perangkat ini lebih jauh lagi.

"Kami berharap dapat membuat jam dengan kekuatan atom (atomic clock) yang memiliki tingkat pengukuran tinggi," ujar Thomsen.

Infogue.com/suaramedia.com