21 Safar 1443  |  Rabu 29 September 2021

basmalah.png

Semut Angkat Beban Menang Lomba Fotografi

http://www.republika.co.id/filez/imagecache/headline/semut.jpg

LONDON--Foto seekor semut mengangkat beban 100 kali lipat berat tubuhnya mendapat hadiah pertama dalam kontes fotografi ilmiah. Gambar itu menunjukkan seekor semut pemintal Asia bergantung dari permukaan yang terbuat dari kaca dan menggigit beban seberat 500mg.

Foto itu diambil oleh seorang spesialis zoologi Dr Thomas Endlein dari Universitas Cambridge ketika dia sedang meneliti kaki lengket binatang serangga itu.

Dr Endlein memenangkan voucher untuk membeli alat fotografi senilai 700 euro atau sekitar Rp 10 juta dari Dewan Ilmu Bioteknologi dan Biologis Inggris.

Penelitian itu menunjukkan bagaimana semut mengubah ukuran dan bentuk cakarnya agar mereka dapat mengangkat beban yang lebih berat.

Endlein berharap penelitian itu dapat membantu para ilmuwan mengembangkan lem yang lebih baik.
"Cakar-cakar kecil di kaki semut dapat membersihkan diri dan dapat menempel ke permukaan jenis apapun," ujarnya, Ahad (21/2).

Menurut Endlein tidak ada lem buatan manusia atau sistem perekat lain yang bisa menandinginya. ''Ini memahami bagaimana binatang bisa mengendalikan sistem perekat, membantu kita mengembangkan perekat yang lebih baik di masa mendatang," tegasnya.


Red: endro | Sumber Berita: bbc.co.uk | republika.co.id