23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Melenyapkan Energi Negatif dari Lingkungan

http://media.vivanews.com/thumbs2/2008/12/16/61121_usir_stres_300_225.jpg
foto corbis | vivanews

VIVAnews - Seperti yang ditulis Jean Paul Sartre, "neraka adalah orang lain." Hidup sehari-hari menuntut kita untuk hidup damai dengan semua orang. Tetapi, seringkali hal-hal negatif berasal dari pasangan, rekan kerja, atau teman yang akan mempengaruhi Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Perlu proses
Respon atas sesuatu yang negatif tidak akan berubah dengan cepat. Sayangnya, tidak tidak bisa menghindari segala hal yang ada di sekitar kita. Usahakan tetap terlibat dengan semua orang dengan solusi yang proaktif bila berhubungan dengan hal-hal negatif.

2. Tentukan Batasan
Ketika seorang rekan kerja menjelek-jelekkan bos secara berlebihan, banyak kita yang akan berempati. Namun jika keluhan itu terlalu banyak, Anda bisa terseret dengan keluhan yang sebenarnya tak Anda alami. Dengarkan rekan kerja Anda dan bersikap sopan. Tapi, jika sangat mengganggu, tegaskan bahwa Anda sedang sibuk dan hanya memiliki waktu beberapa menit saja.

3. Pahami Penyebab perilaku negatif
Ketika ada seseorang memberi respon negatif yang tidak sesuai dengan keadaan yang ada, pahami penyebab perilaku mereka. kemungkinan besar hal negatif yang ditudingkan pada Anda bukan berasal dari Anda sendiri tapi dari mereka. Mungkin mereka sedang stres dan mengalami tekanan dalam pekerjaan.

4. Bangun Perisai Perlindungan
Ketika Anda merasa sangat rentan atas hal-hal negatif di sekitar Anda, bayangkan sebuah perisai pelindung antara Anda dan semua orang yang berinteraksi dengan Anda. Bayangkan sebuah perisai berbentuk gelembung, cahaya putih, atau kehangatan, yang dapat menghalangi secara fisik dan dapat menjaga perasaan Anda.

5. Ubah Subjek
Saat hal negatif datang dari pasangan Anda atau teman, situasi bisa menjadi lebih rumit. Kita berusaha mendengarkan mereka tapi tidak setuju dengan apa yang mereka katakan. Dengarkan keluhan mereka dengan simpatik, lalu dengan lembut ubahlah topik dengan yang lebih netral.

6. Bersikap Aktif
Jika teman atau pasangan Anda berada dalam suasana hati yang buruk, mendengarkan dengan simpatik kadang memiliki batasan. Kerap hal terbaik adalah mengambil tindakan. Sebaiknya ajak orang yang Anda cintai melakukan hal-hal baru, mengunjungi museum, ekplorasi hal baru, pembacaan puisi, atau film. Saat orang yang dekat dengan Anda berada dalam mood yang buruk, giliran Anda aktif memperbaiki keadaannya.

7. Ciptakan energi sendiri
Bayangkan suasana hati Anda seperti air yang kemudian naik ke tingkat tertinggi dan nikmati hidup Anda. Energi positif dari diri Anda pada akhirnya akan menyebar ke sekeliling Anda. Jika menonton film atau mendengarkan musik membuat mood Anda baik, lakukanlah dan ajak orang-orang menikmatinya bersama Anda.

 

• VIVAnews