9 Safar 1443  |  Jumat 17 September 2021

basmalah.png

Apa Yang Akan Terjadi Apabila Bumi Berhenti Berotasi

http://4.bp.blogspot.com/_ufwPPcD2V1A/Swq0lLhrFoI/AAAAAAAAACA/4D7SIroih4k/s1600/earth+seen+from+moon.jpg

Haxims.blogspot.com - Sekedar perhitungan, keliling bumi di katulistiwa adalah 40.000 kilometer, sedangkan untuk satu kali rotasi diperlukan waktu 24 jam. Dengan demikian, kelajuan rotasi di Katulistiwa adalah v = 40.000 km / 24 jam = 1.667 km/jam atau 463 m/s. Karena kita berada di atas permukaan bumi, maka laju gerak melingkar kita sama dengan laju rotasi bumi, yaitu 463 m/s.

Jika bumi berhenti berputar secara mendadak, atmosfir masih akan bergerak dengan kecepatan diatas (1.667 km/jam). Atmosfir akan bergerak sangat cepat, sehingga akan menerbangkan daratan, daratan di sini adalah batu, tanah, pohon, bangunan, manusia dan binatang. Semua akan diterbangkan kedalam lapisan atmosfir itu sendiri..

Dan inilah jawabanya setelah bumi benar-benar berhenti berotasi :

1. Gravitasi yang dirasakan manusia meningkat puluhan kali lipat. Karena sebelumnya permukaan bumi itu berputar dengan kecepatan tinggi sehingga yg ada dipermukaanya mengalami gaya sentripetal yang melawan gaya gravitasi. (ini saja sudah cukup untuk membunuh semua manusia/makhluk)

2. Kemungkinan, semua area magnetik akan hilang, sehingga akan banyak sekali peralatan elektronik yang tidak lagi bekerja.

3. Setengah bumi yang tersinari matahari terus akan menjadi sangat panas, dan bagian yang malam terus akan menjadi sangat dingin, meskipun tentunya hal ini akan membuat air samudra dan angin berputar mengelilingi bumi karena perbedaan tekanan udara (bagian yang panas tekanan udaranya lebih rendah daripada bagian yang dingin).

4. Kalau bumi hanya berhenti berotasi dan tidak berhenti berevolusi mengelilingi matahari, itu artinya satu hari = satu tahun. Karena bagian yang disinari matahari akan tergantung dari posisi revolusi bumi. (kalau salah satu bagian bumi terkena matahari selamanya, artinya bumi masih berotasi, hanya saja rotasinya setara dengan revolusinya).