19 Rabiul-Awal 1443  |  Senin 25 Oktober 2021

basmalah.png

Singkap Arti 10 Gerakan Tubuh

http://3.bp.blogspot.com/_nK-Mxifqfl0/S8unnlb_mNI/AAAAAAAAAJc/OpOoPv09Hns/s1600/ist2_77368-ketchup-smile.jpgSetiap gerakan tubuh yang Anda buat berarti sesuatu. Entah itu sekadar memiringkan kepala atau memainkan rambut. Singkap pesan apa saja yang terkirim kepada orang lain lewat bahasa tubuh Anda, begitu pula sebaliknya.

Menyingkap rambut

Gerakan menyingkap rambut dari wajah, jika dikombinasikan dengan keberanian dan godaan, membantu menarik perhatian ke aset feminin Anda (wajah dan leher). Tak heran jika banyak perempuan memainkan rambutnya saat tertarik dengan lawan jenis.

Tersenyum

Tidak selamanya senyuman yang dilemparkan seseorang benar-benar tulus dari dalam hati. Senyum yang asli, menurut Anita Barbee, profesor pekerja sosial di University of Louisville, adalah jika otot mata ikut terlibat. Orang yang menyeringai selama lebih dari lima detik dan hanya dengan bibir, bisa jadi cuma berpura-pura. Tapi, sering tersenyum di tempat kerja bisa membuat seseorang tampak kurang serius.

Berkedip

Mau tahu bagaimana cara mengetahui seseorang sedang gelisah dan stress? Perhatikan saja berapa kali matanya berkedip saat Anda berbicara dengannya. Tingkat berkedip yang normal adalah enam hingga delapan kali permenit. Di bawah tekanan, mata berkedip lebih sering dan lebih dramatis.

Menggigit bibir

Biasanya, orang menggigit, mengisap, atau menjilat bibir ketika sedang berada di bawah tekanan atau dalam situasi canggung. Menurut psikolog Carol Kinsey Goman, penulis 'The Nonverbal Advantage,' gerakan tersebut dilakukan untuk menenangkan atau menghibur diri.

Menggaruk hidung

Mudah saja mendeteksi kebohongan. Ketika seseorang berbohong, jelas psikolog Michael Cunningham, profesor komunikasi di University of Louisville, tindakan itu sering disertai dengan aliran deras adrenalin. Pelepasan hormon tersebut menyebabkan pembuluh kapiler melebar, sehingga membuat hidung gatal.

Menutup mata

Dengan menggosok, menutupi, atau memejamkan mata lebih lama dari sebuah kedipan, Anda berusaha mengusir bayangan atau pikiran tertentu. Gerakan ini adalah sebuah mekanisme bertahan hidup, untuk mencegah otak mengolah sesuatu yang tidak diinginkan atau mengancam.

Tatapan rendah

Jika seseorang merendahkan tatapan matanya, itu berarti dirinya sedang mencari dukungan. Taktik ini biasanya digunakan oleh anak-anak, untuk menimbulkan empati.

Mengerucutkan bibir

Berhati-hatilah jika seseorang mengerucutkan bibirnya saat berbicara dengan Anda. Sebab, menurut Paul Ekman, profesor emeritus di University of California, hal tersebut merupakan tanda kemarahan yang jelas. Ketika seseorang tidak benar-benar marah, dia biasanya tidak bisa berpura-pura meniru sikap ini, meski pun mencobanya.

Memiringkan kepala

Miringkan kepala Anda ke satu sisi ketika mendengar seorang teman mengisahkan cerita sambil terisak sedih. Gerakan ini menunjukkan bahwa Anda tertarik dan mendengarkan ceritanya. Ketika Anda mengarahkan telinga kepadanya, secara fisik gerakan itu menunjukkan bahwa Anda ingin mendengar setiap detail.

Mengangkat dan mengerutkan alis

Mengangkat sebelah atau kedua alis merupakan ekspresi dari rasa terusik penasaran dan tertarik. Sedangkan menurunkan alis bisa mengindikasikan emosi negatif, seperti kebingungan dan rasa takut, jelas Laura Guerrero, profesor komunikasi di Arizona State University Hugh Downs School of Human Communication. Jika seseorang tidak tertarik dalam cara apa pun, wajah akan tetap diam dan tanpa ekspresi.

LI/OL-06/mediaindonesia.com