23 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 28 Nopember 2021

basmalah.png

Benarkah Ada Kejadian Sunat Jin?

http://3.bp.blogspot.com/_6Nm9iClR-LA/TEU1bNJ70WI/AAAAAAAAADA/KQbmFz0EnN4/s200/untitled.bmpMungkin kisah mistik seperti seorang anak yang katanya disunat oleh jin, tak asing didengar. Padahal sebenarnya sunat jin itu tidaklah pernah ada. Yang ada hanyalah kelainan bawaan pada penis si anak.

Kelainan itu mengakibatkan penis tampak sudah disunat. Menurut Prod Dr dr Soetojo SpU, dokter spesialis urologi RSUD dr Soetomo, kelainan tersebut dinamakan Hipospadia yang salah satu cirinya adalah kulit penis bagian bawah (kulup) tidak ada. Karena itulah penis tampak seperti sudah disunat.

“Pada kelainan tersebut, kulup penis tidak sempurna, hanya ada di bagian atas (dorsalhoot), tegas Soetojo.

Di samping itu, pada kelainan tersebut, lubang penis tidak terdapat di ujung, melainkan di bawah, samping, atau dasar penis. Penis juga membengkok. Bila bengkoknya berat dan tidak segera ditangani, penis penderita tidak bisa dibuat bersenggama bila sudah dewasa nanti.

Karena itu, Hipospadia harus dioperasi. Idealnya, operasi Hipospadia dilakukan saat anak berusia 1-2 tahun. Penyebab Hipospadia adalah terhentinya pertumbuhan pada penis.

Sementara itu, jika istilah sunat jin terjadi pada anak seumuran SD, biasanya mereka mengalami paraphimosis. “Kebanyakan terjadi lantaran penis sering dibuat main-main pada anak dan tidak bisa dikembalikan,” jelas Soetojo. Untuk paraphimosis, anak harus disunat untuk menghilangkan kulup yang menjerat penis.

Dengan begitu, saat anak masih kecil, kepala penis sudah terlihat dan oleh masyarakat biasanya dianggap sudah disunat oleh jin atau makhluk halus lainnya.

gugling.com