fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


7 Ramadhan 1442  |  Senin 19 April 2021

Orang Pendek Muncul di Senepis Riau

Orang Pendek Muncul di Senepis Riau Legenda orang pendek (The litle Hominid of Sumatra) kini mulai sering menampakkan diri ke warga di sekitar kawasan konservasi harimau Sumatra.

Tepatnya di Hutan Senepis Desa Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Orang pendek atau disebut leci oleh warga setempat memiliki ciri-ciri hampir setinggi satu meter, berjalan tegak, berambut panjang, dan serupa dengan manusia itu kerap dijumpai warga sedang memakan ikan tangkapan dari kanal-kanal sungai Rokan.

"Saya berjumpa dengan leci, manusia pendek berambut panjang, yang sedang memakan ikan dari perangkap ikan yang saya pasang di sungai," kata Tarmizi, 57, warga Desa Jumrah di Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Selasa (13/9).

Namun, penampakan itu tak berlangsung lama. Leci atau orang pendek tersebut langsung lari menghindar sesaat mengetahui ada orang yang datang mendekatinya.

"Ia (leci) langsung lari cepat sekali ke balik semak belukar sambil bersuara, 'cis..cis..cis'. Dia seakan berbicara kepada saya," sebut Tarmizi menirukan kejadian yang berlangsung beberapa bulan yang lalu itu.

Menurut Tarmizi, penampakan dari sejenis makhluk hidup yang masih misteri itu itu juga kerap dialami sejumlah warga.

Leci yang menurut cerita nenek moyang setempat diyakini bukanlah sejenis binatang. Akan tetapi termasuk dari bagian manusia karena bercirikan hampir seperti manusia.

Rudi Kurniawansyah
mediaindonesia.com