25 Rabiul-Akhir 1443  |  Selasa 30 Nopember 2021

basmalah.png

Pendeta Chris McCaan Heran Dunia tak Jadi Kiamat

Pendeta Chris McCaan Heran Dunia tak Jadi Kiamat

Fiqhislam.com - Chris McCann, pemimpin kelompok kristen The eBible Fellowship, mengakui ramalannya dunia kiamat pada 7 Oktober 2015 salah perhitungan.

The Guardian, Kamis (8/10), melaporkan Chris McCann dari Philadelphia itu meramalkan bahwa Bumi akan hangus pada 7 Oktober 2015.

"Dunia akan hilang selamanya, musnah, kata McCann.

Sebelum kiamat, Chris merasakan kemungkinan yang begitu kuat sehingga ia yakin 7 Oktober adalah hari akhir dunia.

"Satu dari sejumlah bukti kuatnya, tepat pada 7 Oktober merupakan hari akhir Sukkot, adalah Sukkott -- atau lazim disebut Feast of Tabernacle -- adalah hari akhir masa panen sebelum memasuki musim gugur, yang dipercaya kaum Kristen dan Yahudi," lanjut McCann. "Sukkott harusnya berakhir pada 7 Oktober 2015."

Namun ketika sampai pukul 12.00 tengah malam tak terjadi apa-apa, dan hari memaski 8 Oktober 2015, Chris McCann mengatakan ramalannya keliru.
"Mengherankan, kok tidak terjadi. Tapi yang melegakan kemauan Tuhan tak pernah meleset, kata McCann kepada pengikutnya.

Tak jelas berapa banyak pengikutnya yang terlanjur siap-siap menyambut kiamat. Yang pasti Chris McCann ternyata penganut Harold Camping, yang memperkirakan dunia bakal kiamat 21 Mei 2011.

Waktu itu, Camping -- lewat siaran Family Radio -- memberi tahu banyak orang bahwa dunia bakal berhenti. Larena tak terjadi, Camping meralat lagi kiamat terjadi Oktober 2011.

Ramalan Camping meleset lagi, dan pensiun dari posisi pendeta. Ia meninggal pada usia 93 tahun pada tahun 2013. [yy/inilah]