fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


5 Ramadhan 1442  |  Sabtu 17 April 2021

4 Kota di Palestina yang Disucikan Yahudi Selain Yerusalem

4 Kota di Palestina yang Disucikan Yahudi Selain Yerusalem

Fiqhislam.com - Kota Yerusalem dianggap sebagai kota suci oleh orang-orang Yahudi. Namun ternyata bukan hanya itu, ada tiga kota lainnya yang dianggap suci oleh orang Yahudi.

Dilansir dari laman Youm7 pada Rabu (17/3), tiga kota lain yang disakralkan disebutkan masing-masingnya dalam teks-teks agama Yahudi yang berbeda. Untuk itu lah kota tersebut dianggap suci, dan berikut empat kota yang disucikan oleh orang Yahudi:

Yerusalem

Yerusalem adalah kota paling suci dalam agama Yahudi. Itu telah disebutkan di banyak tempat di Perjanjian Lama. Pensucian kota dimulai pada masa pemerintahan Raja Daud. Ketika dia menjadikannya ibu kota pemerintahannya, setelah menaklukkannya.

Tiberias

Tiberias dianggap sebagai salah satu kota bersejarah tertua di Palestina, dan terletak 198 kilometer di timur laut Yerusalem. Alasan kesucian Tiberias di antara orang-orang Yahudi adalah setelah gagalnya pemberontakan Bar kokhba melawan Romawi pada kuartal pertama abad kedua Masehi. Pasukan Romawi mengevakuasi orang-orang Yahudi dari Yerusalem, dan kelompok besar dari mereka dideportasi ke kota Tiberias. Kemudian Dewan Tertinggi Yahudi "Sanhedrin", pindah ke Tiberias, dan kota itu menjadi ibu kota negara Yahudi yang baru.

Galilea

Galilea terletak 35 kilometer di selatan Yerusalem. Kota ini oleh orang Yahudi disebut sebagai (Hebron), dan dengan nama itu disebutkan beberapa kali dalam Taurat dan Perjanjian Lama.

Safed

Safed terletak 134 kilometer sebelah utara Yerusalem, dan merupakan salah satu dari empat kota suci bagi orang Yahudi. [yy/republika]