18 Safar 1443  |  Minggu 26 September 2021

basmalah.png

10 Rahasia Laut Mati

10 Rahasia Laut Mati


Fiqhislam.com - Laut Mati atau biasa disebut dengan Laut Asin adalah sebuah danau yang membatasi timur Yordania dan Israel. Danau ini mungkin disebut ‘laut’ tetapi sebenarnya dia hanyalah laut yang sangat asin dan merupakan tempat yang sangat unik di Bumi.

Saking uniknya, Laut Mati menjadi salah satu tempat yang pernah masuk tujuh keajaiban dunia. Berikut 10 rahasia Laut Mati yang dilansir Twisted Sifter:

1. Permukaan dan tepi Laut Mati mencapai 423 meter di bawah permukaan laut, sehingga elevasi Bumi di sana merupakan yang terendah di darat.

2. Kedalaman Laut Mati adalah 377 meter. Hal ini menjadikannya danau hypersaline terdalam di dunia. Danau hypersaline umumnya adalah badan air yang terkurung di daratan yang mengandung konsentrasi signifikan dari natrium klorida atau garam mineral lainnya dengan tingkat garam melebihi air laut.

3. Dengan salinitas 33,7%, Laut Mati adalah salah satu badan air yang paling asin di dunia air. Kendati demikian, Lake Assal (Djibouti), Garabogazkol, dan beberapa danau hypersaline dari Lembah Kering McMurdo di Antartika (seperti Kolam Don Juan) telah melaporkan salinitas yang lebih tinggi.

4. Konsentrasi garam yang sangat tinggi di Laut Mati membuat orang dapat dengan mudah mengapung karena daya apung alami. Dalam hal ini, Laut Mati mirip dengan Salt Lake besar di Utah, Amerika Serikat.

5. Laut Mati kira-kira 8,6 kali lebih asin dari air laut. Salinitas ini membuat lingkungan sekitarnya keras, di mana hewan tidak dapat berkembang, oleh karena itu namanya Laut Mati. Salinitas tinggi mencegah organisme air makroskopis seperti ikan dan tanaman air mampu hidup di dalamnya, meskipun jumlah yang sangat kecil dari bakteri dan jamur mikroba tetap ada.

6. Laut Mati memiliki panjang 67 kilometer dan lebar 18 kilometer. Laut Mati terletak di Yordania Rift Valley dan anak sungai utamanya adalah Sungai Yordan.

7. Daerah Laut Mati telah menjadi pusat utama bagi penelitian kesehatan dan pengobatan karena beberapa alasan. Kandungan mineral dari air, kandungan yang sangat rendah dari serbuk sari, dan alergen lainnya di atmosfer, komponen ultraviolet mengurangi radiasi matahari, dan tekanan atmosfer lebih tinggi pada kedalaman yang besar yang masing-masing memiliki efek kesehatan tertentu.

8. Laut Mati dipercaya merupakan tempat perlindungan bagi Raja Daud. Itu adalah salah satu tempat pertama di dunia yang menjadi resor kesehatan (untuk Herodes Agung), dan telah menjadi pemasok berbagai macam produk, mulai dari balsam untuk mumifikasi di Mesir serta untuk kalium pupuk.

9. Fitur yang tidak biasa dari Laut Mati adalah cairan aspal. Dari rembesan mendalam, Laut Mati terus meludahkan kerikil kecil dan blok dari substansi hitam. Aspal dilapisi patung-patung dan aspal dilapisi tengkorak Neolitikum dari situs arkeologi telah ditemukan. Proses mumifikasi di Mesir menggunakan aspal impor dari kawasan Laut Mati.

10. Jalan terendah di dunia, Highway 90, berjalan di sepanjang pantai Israel dan Tepi Barat Laut Mati di 393 meter di bawah permukaan laut. [yy/okezone]

 

Tags: Laut Mati