fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


25 Ramadhan 1442  |  Jumat 07 Mei 2021

Apa yang Dipegang Rasulullah Tak Bertahan Lama di Genggaman

Apa yang Dipegang Rasulullah Tak Bertahan Lama di Genggaman

Fiqhislam.com - Rasulullah SAW merupakan pribadi yang sangat dermawan. Bahkan, dapat dikatakan, apa yang dia pegang tidak pernah bertahan lama dalam genggaman tangannya.

Tetapi, kedermawanan itu ternyata disebabkan kecenderungan Rasulullah yang sangat tidak menyukai kemewahan. Terkait dengan hal ini, Bukhari meriwayatkan dalam sanadnya yang mencontohkan kecenderungan Rasulullah yang tidak menyukai kemewahan.

Dalam sanad tersebut disebutkan Rasulullah pernah diberikan banyak harta dari Bahrain. Jumlah harta itu sangat melimpah.

Tetapi, Rasulullah malah memberikan jawaban, “Sebarkanlah olehmu harta itu!” Usai memerintahkan agar harta itu dibagi, Rasulullah menuju masjid untuk melakukan shalat.

Usai shalat, Rasulullah menjumpai harta tersebut masih belum juga dibagi. Rasulullah lantas duduk dan memperhatikan apakah ada yang lewat di hadapannya.

Selama Rasulullah berada di dekat harta itu, setiap orang yang lewat dipanggil. Rasulullah kemudian memberikan harta-harta itu kepada mereka yang melintas.

Akhirnya, Rasulullah kemudian berdiri dari tempat duduknya. Harta itu pun habis dibagikan dan hanya tersisa satu dirham saja.

yy/nabawia.com
Disarikan dari buku ‘Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW